Jaksa Agung Lantik Satuan Khusus Antiteror

VIVAnews - Jaksa Agung, Hendarman Supanji akan melantik satuan khusus antiteror di Ruang Sasana Baharuddin Lopa, Kompleks Kejaksaan Agung, Jalan Hasanuddin, Jakarta, Jumat 16 Januari 2009 pukul 09.30 Waktu Indonesia Barat.

Menurut Juru Bicara Kejaksaan Agung, Jasman Panjaitan satuan khusus antiteror kejaksaan akan membantu penanganan terorisme. ''Jaksa-jaksa yang ditunjuk akan bekerjasama dengan  penyidik [Kepolisian Indonesia] yang menangani kasus terorisme,'' kata Jasman kepada VIVAnews, Kamis 15 Januari 2009.

Jaksa yang ditunjuk, kata Jasman, berasal dari lingkungan Jaksa Agung Muda Pidana Umum, ''Termasuk Pak Ritonga [Jaksa Agung Muda Pidana Umum, Abdul Hakim Ritonga] yang dilantik,'' kata Jasman.

Penelusuran VIVAnews, satuan khusus antiteror adalah bantuan dari Amerika dan Australia. Pada September 2005, Pemerintah Amerika Serikat memberikan dana sekitar US$ 750 .000 sebagai dukungan bagi Kejaksaan Agung Indonesia untuk memerangi berbagai kejahatan transnasional, termasuk terorisme, kejahatan dunia maya, pencucian uang dan perdagangan manusia.

Bantuan itu diserahkan pada 12 September 2005 oleh Duta Besar Amerika Serikat Lynn B. Pascoe dan diterima Jaksa Agung, Abdul Rahman Saleh.  Dalam pengaturan ini, bantuan dari Amerika diarahkan  sebuah gugus tugas yang baru dibentuk di bawah naungan Kejaksaan Agung yang akan memfokuskan diri pada pengadilan kejahatan transnasional yang kompleks.

Sempat menuai protes, termasuk dari Ketua Dewan, Agung Laksono yang khawatir ada intervensi asing dalam tubuh penegak hukum Indonesia. Namun, kejaksaan kala itu membantah ada bargaining dalam pembentukan satuan tugas itu.

Lolly Datangi Rumah Nikita Mirzani, Berharap Bisa Bertemu Meski 10 Menit
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Gelar Halal Bihalal, Menaker Minta Pegawai Kemnaker Meningkatkan Etos Kerja dan Pelayanan Masyarakat

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menggelar Silaturahmi dan Halal Bihalal bersama pegawai Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) di Halaman Gedung Kemnaker.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024