Sidang Demo BBM Rusuh

Politisi PKS Jenguk Ferry di Pengadilan

VIVAnews - Politisi PKS, Soeripto menjenguk Sekretaris Jenderal Komite Bangkit Indonesia, Ferry Juliantoro di ruang tahanan yang terletak di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin 19 Januari 2009.

Kepada VIVAnews, mengakui kedatangannya ke pengadilan untuk menjenguk Ferry. Terkait kasus,  dia menilai dari segi substansi apa yang dipersoalkan Ferry sudah bisa dilihat hasilnya. "Pemerintah sudah menurunkan harga bahan bakar minyak," kata dia usai menjenguk Ferry.

Suripto berharap proses hukum yang Ferry cepat selesai. Dia juga berharap pengajuan tahanan kota yang diajukan Ferry dikabulkan

Ferry didakwa melakukan penghasutan yang berujung pada kerusuhan demo kenaikan bahan bakar minyak, Juni 2008.

Menurut jaksa, indikasi keterlibatan Ferry dimulai pada 20 Mei 2008. Terdakwa melakukan evaluasi  demonstrasi yang dilakukan di istana. ”Disana dia menganjurkan korlap untuk mendobrak pagar betis,” kata jaksa Roswinata dalam sidang beberapa waktu lalu.

Meski tak ada di lokasi pada hari kejadian, 24 Juni 2008, jaksa punya bukti terdakwa mengkoordinasi aksi yang berujung rusuh itu. ”Ferry mengkoordinir dari China,” kata Roswinata.  Menurutnya, terdakwa telah memerintahkan dua peserta aksi untuk mendesak Dewan menggunakan hak angketnya terkait kebijakan pemerintah menaikan BBM.

Karena permintaan untuk masuk gedung Dewan ditolak, massa bergerak menuju  Universitas Atmajaya. Ketika menemui mobil pemerintah, massa lalu bertindak anarkis dengan membakar mobil plat merah itu.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024