2009, Usaha Kecil Masih Berkembang

VIVAnews - Pelaku pasar usaha kecil dan menengah menunjukkan optimisme pada 2009. UKM Indonesia termasuk kedalam negara paling optimistis dari 10 negara Asia Pasifik.

Hal ini terungkap pada hasil survei bertajuk Asia-Pasific Small Business Confidence Survey yang dilakukan HSBC pada kuartal IV 2008. 

Bersama Bangladesh, Vietnam, dan India, Indonesia termasuk negara paling optimistis dari negara-negara yang disurvei HSBC. Sedangkan Singapura, Taiwan, dan Hongkong merupakan negara yang paling pesimistis pada 2009. 10 negara Asia Pasifik yang disurvei yaitu Hongkong, Cina Daratan, Taiwan, Bangladesh, Singapura, India, Vietnam, Korea, Malaysia, dan Indonesia.

Head of Small and Medium Enterprises HSBC Steve Miller mengatakan kendati di tengah kondisi sulit pada kuartal IV, UKM Indonesia masih cenderung berpandangan optimistis melihat bisnis 2009. "Mereka mengambil pendekatan yang konservatif pada investasi dan aktivitas usaha, tapi secara umum masih kokoh," katanya pada Pemaparan Survei Asia-Pasific Small Business Confidence Survey di Merchantile Athletic Club WTC, Jakarta, Selasa 20 Januari 2009.

Sektor UKM memberikan kontribusi 30 persen dari GDP Indonesia, selain penyedia lapangan kerja terbesar. Dari survei, tingkat kepercayaan UKM di Inonesia berada di atas rata UKM di Asia. Sebagian besar UKM Indonesia akan mempertahankan belanja dan cenderung konservatif dalam hal investasi.

Dari survei 300 UKM Indonesia, 50 persen mempertahankan belanja. Sedangkan 24 persen lainnya merencanakan meningkatkan modal. Dari sisi rencana rekrutmen, 80 persen UKM Indonesia berencana mempertahankan karyawan dan 13 persen akan menambah jumlah karyawannya.

Temuan-temuan ini memperlihatkan sektor UKM masih mendorong perekonomian Indonesia. "Ini sinyal positif dan kami turut bersemangat," ujar dia.

HSBC, Steve mengatakan, akan meluncurkan variasi produk yang bisa mendorong UKM seperti debit card dan produk konservatif lainnya. Banyak cara mendorong perkembangan UKM selain menurunkan suku bunga. Steve optimistis usaha agresif HSBC selama 2009 akan meningkatkan jumlah nasabah sektor UKM.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Wakil Ketua Umum Golkar mengatakan bahwa tak boleh ada pembatasan dalam membentuk kabinet, karena merupakan hak prerogatif presiden.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024