Barack Obama Mirip Pep Guardiola

VIVAnews - Ternyata terdapat kemiripan antara Barack Obama, presiden ke-44 AS, dan Pep Guardiola, pelatih Barcelona. Tentu saja bukan soal wajah.

Menurut Sport, proses Obama mencatatkan sejarah di peta politik Amerika dan dunia mirip dengan saat Guardiola ditunjuk jadi pelatih FC Barcelona, musim panas lalu. Minimal, Obama kini menjadi orang nomor 1 di White House dan Guardiola di Camp Nou.

Koran Catalan itu mengungkap lebih jauh lagi soal kemiripan antara keduanya. Bukan hanya lewat headline “Guardiola-Obama: Yes, we can! (Ya, kami bisa!)”

Sport juga menyebut bahwa terpilihnya Obama mengingatkan pada Abraham Lincoln pada 1861. Lincoln saat itu menyiratkan harapan baru setelah menghapuskan perbudakan.

“Kini, Obama diharapkan meniupkan perubahan di gedung Oval. Seperti Pep Guardiola merubah kamar ganti Camp Nou: dengan harapan dan kerendahan hati, tapi sangat ambisius. Mereka sangat berwibawa dan disegani saat mengatasi kerumitan di ruang kerjanya,” kata Sport.

Pada 18 Juni 2008, saat Guardiola secara resmi bertugas di Barca, ia mempresentasikan citra perubahan. Saat itu, Camp Nou memang dilanda disharmonisasi setelah tanpa trofi dua musim terakhir di bawah pelatih Frank Rijkaard.

Tapi, Pep bicara dengan bahasa yang berbeda. “Saya sangat optimis dengan budaya kerja setiap hari. Bersama usaha dan komitmen, juga bakat.”

Menurut Sport, saat Obama berpidato di hadapan lebih dari 100.000 pengikutnya di Chicago Park, awal November 2008, kata-katanya hampir sama.

“Semuanya serba mungkin. Jika kita bersama-sama melangkah ke depan, mungkin kita takkan kesulitan menyingkirkan rintangan di hadapan,” kata Obama. “Perubahan telah datang di Amerika. Yes we can! (ya, kita bisa!)”

Kedua pria ini menyongsong jabatan tanpa pengalaman. Tapi, Guardiola menunjukkan pada Obama bagaimana caranya.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

“Guardiola telah melakukannya, dan Obama memulainya hari ini,” tutup Sport.

Nikita Mirzani

Viral Video Nikita Mirzani Nangis Sesegukan Usai Putus dari Ajudan Prabowo Subianto

Nikita Mirzani sempat berharap pria bertubuh gagah itu menjadi pelabuhan terakhirnya dan mampu membimbingnya ke arah yang lebih baik.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024