Peluang Perempuan Masuk Parlemen Tipis

VIVAnews – Peluang perempuan dapat meraih kursi di parlemen makin tipis. Itu merupakan dampak penerapan sistem suara terbanyak untuk menentukan calon legislator di pemilihan legislatif April 2009.

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife

"Calon perempuan yang dapat melewati 10 persen bilangan pembagi pemilih hanya separuh dari calon laki-laki,” kata Ani Sucipto, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dari Universitas Indonesia, Rabu 21 Januari 2009.

Itu disampaikan dalam diskusi yang diselenggarakan Women Research Institute bertema Representasi Perempuan Indonesia Pascajudicial Review UU Pemilu di gedung LIPI, Jakarta Selatan.

Prabowo Sowan ke PKB, Disambut Pakai Karpet Merah

Ani mengatakan semakin tinggi persentase perolehan suara bilangan pembagi pemilih, maka semakin tipis peluang calon perempuan memenuhinya.

Ani mengatakan berdasarkan pengalaman pemilu 2004, perolehan calon perempuan hanya di bawah 10 persen dari bilangan pembagi pemilih. Sementara calon pria umumnya dapat melebihi 10 persen dari bilangan pembagi itu.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen
Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024