Tanpa Rights Issue, Harga Wajar BDMN Rp 2.500

VIVAnews - Harga wajar saham PT Bank Danamon Tbk (BDMN) sebelum rencana penawaran umum terbatas (rights issue) dipatok pada level Rp 2.500 per unit. Sementara itu, valuasi price to book value (PBV) rata-rata industri perbankan 1,5 kali, atau masih lebih tinggi dibanding BDMN sebesar satu kali.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

"Rekomendasi hold," tulis riset PT BNI Securities edisi Kamis 22 Januari 2009.

Riset itu menyebutkan, transaksi derivatif Bank Danamon menyebabkan laba bersih (tidak diaudit) perseroan menjadi Rp 1,5 trilliun. Namun, kinerja Bank Danamon masih membaik dengan 24 persen pertumbuhan pendanaan dan kredit 25 persen.

Manajemen Bank Danamon menyatakan, laba bersih perusahaan semestinya mencapai Rp 2,3 triliun atau naik 14 persen dibanding tahun lalu. "Meski demikian, manajemen tidak menjelaskan mengenai rencana rights issue itu," ujar analis BNI Securities, Asti Pohan, dalam riset itu.

Menurut BNI Securities, membengkaknya tagihan derivatif akan berpengaruh pada kerugian valuta asing (valas). Apabila underlying kontrak ekspor sudah terjadi penundaan pembayaran, harus ada penyisihan yang disebutkan pada bagian rugi laba.

"Kami memperkirakan, dengan kerugian valas Bank Danamon mencapai Rp 850 miliar, pada bottom line akan mencapai Rp 1,7 triliun," ujarnya. 

Angka tersebut masih di bawah hasil laporan keuangan yang belum diaudit. Kelebihan kerugian tersebut diduga terjadi karena adanya penambahan dari pencadangan risiko kredit atau perbedaan nilai tukar.

Akibat penurunan laba bersih Bank Danamon tersebut, perusahaan mengalami pertumbuhan laba bersih yang negatif. Penggerusan nilai laba bersih per saham (earning per share/EPS) akan lebih dalam bila ada rencana rights issue.

"Pihak Bank Danamon masih belum memastikan mengenai rencana rights issue itu," kata dia.

Bank Danamon memerlukan dana untuk call option PT Adira Dinamika Multifinance Tbk dan call subdebt. Namun demikian, untuk memperoleh dana belum ditentukan cara yang paling tepat.

Penurunan laba bersih Bank Danamon menyebabkan laba bersih per saham dan PBV terdiskon. Laba bersih per saham Bank Danamon sebelum transaksi derivatif Rp 448 pada 2008 dan 2009 sebesar Rp 485 per unit, sebelum diproyeksikan menjadi Rp 306 pada 2008 serta Rp 485 di 2009.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Nilai buku Bank Danamon setelah transaksi derivatif diperkirakan menjadi Rp 2.185 pada 2008 dan Rp 2.395 (2009), dari sebelumnya Rp 2.220 (2008) dan Rp 2.463 (2009).

PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024