Perang Vietnam Berakhir

VIVAnews – Pada 23 Januari 1973, Presiden Amerika Serikat Richard Nixon mengumumkan terjalinnya kesepakatan damai antara AS dengan Vietnam.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Perjanjian damai tersebut secara resmi mengakhiri Perang Vietnam yang telah berlangsung lebih dari satu dekade.

Persetujuan Paris yang mengakhiri Perang Vietnam merupakan hasil kesepakatan tripartit antara pemerintah Vietnam Utara, Vietnam Selatan dan Amerika Serikat.

Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun

Melalui perjanjian ini, semua pihak setuju untuk mengadakan gencatan senjata selama enam puluh hari. Selama periode gencatan senjata tersebut, Amerika Serikat akan menarik seluruh pasukannya dari Vietnam. Sementara pada saat bersamaan, pemerintah Hanoi akan membebaskan seluruh tawanan Amerika yang ditahan di penjara Vietnam.

Sesuai dengan perjanjian, pada tanggal 29 Maret 1973, tentara AS telah dievakuasi seluruhnya dari Vietnam.  Namun, angkat kakinya AS dari Vietnam tidak membuat perang saudara di negara tersebut berakhir.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

Berbagai kontak senjata masih kerap terjadi antara tentara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Pada tahun 1975, perang besar kembali meletus antara kedua negara, namun kali ini tanpa intervensi AS. Setahun kemudian, rakyat Vietnam mengadakan pemilu pertama yang menjadi awal terwujudnya reunifikasi Vietnam.

Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024