Semarak Imlek

Hidangan Ala China Peranakan

VIVAnews – Perayaan Imlek selalu dimeriahkan dengan hidangan khasnya seperti yu sheng, nian gao atau kue keranjang dan sebagainya. Namun Resto Dapur Babah justru menawarkan masakan khas masyarakat peranakan China atau komunitas Babah untuk menyemarakkan Imlek.

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Peleburan budaya dan kekayaan kuliner China di Indonesia melahirkan beragam masakan baru yang disebut masakan peranakan. Tak hanya berpadu dengan masakan khas Indonesia atau Jawa pada umumnya, masakan China peranakan juga banyak terasimilasi kekayaan kuliner Belanda. Pada masa pendudukan Belanda, masakan ketiga bangsa itu hidup berdampingan dan melebur.

Dapur Babah sudah lama dikenal sebagai kedai makan masakan peranakan. Sejak berdiri pada 2004, kedai ini masih saja tampil unik meskipun resto sejenis banyak bermunculan.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Mempertahankan ciri khas menjadi kekuatan resto yang terletak di Jalan Veteran, Jakarta Pusat ini. Saat merayakan Imlek pun Dapur Babah tetap menyuguhkan masakan peranakan yang menjadi menu andalannya.

Menurut Marketing Dapur Babah Ryan, ada 12 macam masakan peranakan yang menjadi hidangan ala carte untuk suguhan Imlek 25-27 Januari di Dapur Babah. Menu andalannya antara lain Sop Tjampoer Babah dan Bebek Panggang Babah.

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh

Anda juga bisa mencicipi Garang Asem Ajam dan Boeng yang menyuguhkan perpaduan ayam dan rebung dengan kuah manis dan asam segar. Yang lebih suka masakan ikan, menu Ikan Belanak Masak Taoco atau Pindang Bandeng bisa jadi pilihan.

Tak hanya menu peranakan yang terasimilasi masakan Jawa yang menjadi hidangan Imlek. Menu peranakan yang terpengaruh masakan Belanda pun turut disajikan misalnya Smoor Lidah dengan Kentang.

"Menu-menu tersebut merupakan menu reguler di Dapur Babah. Kami juga menyuguhkan beberapa menu baru khusus untuk Imlek," katanya kepada VIVAnews, Jumat 23 Januari 2009.

Satu menu baru yang khusus diperkenalkan Dapur Babah adalah Sajoer Asin Kepala Ikan. Masakan ini menyuguhkan sup kepala ikan kakap merah dengan kuah bening yang gurih dan asinan bok choy mini. Kaldu ikannya terasa sangat segar dan nikmat disantap bersama sepiring nasi hangat. Jika ingin lebih pedas menggigit, tambahkan sambal kecap asin.

Menu baru lainnya adalah Oedang Gulung Lidah Asin. Rollade daging udang cincang yang gurih dengan selipan daging lidah sapi yang lezat ini menjadi perpaduan unik masakan China dan Belanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya