Jahe Pengaruhi Kadar Kualitas Sperma

VIVAnews - Jahe selama ini dikenal sebagai bumbu dapur penambah selera dan bahan minuman penghangat tubuh. Namun, penelitian laboratorium baru-baru ini menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe juga bisa mempengaruhi kualitas sperma - baik dalam pergerakan (motilitas), kadar mutu, dan morfologi.

Penelitian itu dilakukan Jorsaraei SG dan mitra-mitranya dari Universitas Babol, Iran. Mereka mencampurkan 0,1 ml ekstrak methanol dari jahe pada level 0,1, 0,2, 0,4, dan 0,6 persen dengan 0,9 ml sampel sperma yang diambil dari sebuah rumah sakit lokal.

Setelah pencampuran itu, mereka menemukan perubahan kadar morfologi dan motilitas sperma. Namun penelitian itu menyimpulkan bahwa jahe bisa menimbulkan efek racun atas parameter sperma.

Studi itu dipublikasikan dalam jurnal ilmu biologi Pakistan Juli 2008 dengan judul efek metanol jahe pada kualitas parameter sperma manusia. (Bahan diambil dari foodconsumer.org)

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan
Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024