Sakit Kepala Saat Olahraga

Tanya:
Agar tubuh tetap fit, saya melakukan aerobik dua kali seminggu. Anehnya, belakangan, saya seringkali mengalami sakit kepala saat berolahraga. Menurut tensimeter (pengukur tekanan darah) digital, tekanan darah saya 90/59. Apakah karena tekanan darah rendah ini, saya kerapa mengalami sakit kepala saat berolahraga? Olahraga apa yang cocok untuk kondisi saya?

Sebagai informasi tambahan, sejak remaja, saya (25) mengidap maag. Karenanya, setiap kali mencoba berdiet, maag saya kerap kambuh. Padahal, saya ingin sekali menurunkan berat badan. Soalnya, postur tubuh saya tergolong gemuk (48 kg, 153 cm).

winxxx@hotmail.com

Jawab:
Sakit kepala saat berolahraga bisa terjadi karena kurangnya pemanasan sebelum latihan. Selain itu, asupan makanan yang kurang serta dehidrasi tubuh pada ketika olahraga juga dapat memicu sakit kepala. Pasalnya, pembuluh darah akan melebar setiap kali kadar gula darah turun. Jadi, sebisa mungkin Anda mengonsumsi makanan dan air putih yang cukup sebelum olahraga.

Mengingat tekanan darah Anda cukup rendah, sebaiknya Anda melakukan olahraga yang tidak bersifat aerobik, seperti, berenang, angkat beban, dll. Frekuensi latihan cukup 3 kali seminggu, selama 20-30 menit per sesi.  Pada latihan beban, lakukanlah secara bertahap menggunakan beban ringan (1 kg). Dengan melakukan latihan beban atau melakukan latihan dengan menggunakan badan bagian atas, maka Anda dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Selain itu, meskipun memiliki penyakit maag, bukan berarti Anda tidak boleh berdiet atau mengurangi asupan makanan sama sekali. Supaya sakit maag Anda tidak kambuh, usahakan Anda tidak terlambat makan, sehingga lambung tidak terlalu lama kosong. Makanlah lebih sering, tapi dengan porsi yang kecil. Pola makan seperti itu tidak akan membuat gemuk.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Konsultasi:
dr. Luciana B. Sutanto
Ahli Gizi

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024