Sengketa Diplomatik

Israel Usir Dubes Venezuela

VIVAnews - Israel membalas tindakan Venezuela dengan mengusir pulang duta besar (Dubes) negara Amerika Latin itu dari bumi Yahudi. Bersama dua stafnya, Duta besar Roland Betancourt diberi waktu hingga Jumat esok untuk meninggalkan Israel.

"Terkait dengan keputusan Venezuela untuk memutus hubungan diplomasi dengan kami beberapa pekan lalu, maka kami memberitahukan pada duta besar Venezuela bahwa dia dan stafnya harus meninggalkan Israel," kata pejabat Departemen Luar Negeri, Lior Hayat, seperti dikutip dari stasiun televisi CNN, Rabu 28 Januari 2009. "Kami menyatakan mereka sebagai 'persona non grata' (orang yang tidak disukai) di Israel," lanjut Hayat.

Pada 6 Januari lalu, Venezuela telah mengusir duta besar Israel untuk Venezuela, Shlomo Cohen, beserta staf. Kemudian pada 14 Januari lalu, sebagai bentuk protes terhadap serangan Israel ke Jalur Gaza, Venezuela memutus hubungan diplomatik dengan Israel. Selain Venezuela, pada hari yang sama, Bolivia juga memutus hubungan diplomatik dengan Israel.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Venezuela, Nicolas Maduro, membela tindakan negaranya atas Israel. Maduro mengatakan Israel dengan aksi militernya telah melakukan pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

"Tindakan kami tepat atas dasar konstitusi negara kami yang mengamanatkan perdamaian internasional," kata Maduro dalam situs resmi departemen luar negeri Venezuela. Tindakan Venezuela juga merupakan bentuk dukungan atas pembentukan negara Palestina.

Menanggapi pengusiran diplomat Venezuela oleh Israel, Maduro mengatakan, "Respon Israel terlambat, lemah, dan bagi kami ini adalah sebuah kehormatan," kata Maduro pada stasiun televisi Al-Jazeera. "Kami bangga bahwa negara Israel yang saat ini dipimpin oleh para pelaku kriminal, mengambil keputusan ini."

Sebelumnya, Israel dan Venezuela pernah memiliki ketegangan hubungan diplomasi. Pada Agustus 2006, Israel menarik duta besarnya dari Venezuela sebagai bentuk protes terhadap kebijakan satu sisi Presiden Hugo Chavez.

Pada saat itu, Chavez mengeluarkan pernyataan bernada fitnah kepada Israel, dan menarik duta besar Venezuela untuk Israel.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai
Winger Manchester United, Jadon Sancho

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Man Utd mengalami keuntungan finansial signifikan setelah Borussia Dortmund memicu pembayaran tambahan untuk Jadon Sancho dengan mencapai babak semifinal Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024