BI Hibahkan Askrindo dan BPUI ke Pemerintah

VIVAnews - Bank Indonesia dan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara sepakat pelaksanaan divestasi PT Askrindo dan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia yang dimiliki BI dilakukan lewat mekanisme hibah.

"Pertemuan Gubernur BI dengan Menkeu dan Menneg BUMN pada 24 September 2008 menyepakati bahwa pelaksanaan divestasi PT Askrindo dan BPUI dilakukan dengan meknisme hibah atau dengan cara lain yang dipersamakan dengan hibah. Jadi ikhlas," kata Gubernur BI Boediono dalam rapat kerja dengan Komisi Keuangan di Jakarta, Senin 2 Februari 2009.

Saat ini, kata Boediono, kedua belah pihak tengah mempersiapkan pengambilalihan anak usaha BI tersebut sesuai mekanisme pemrintah. "Ini minta izin persetujuan," kata Boediono.

Sesuai amanat pasal 77 Undang-undang Nomor 23/1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana diubah dengan UU Nomor 3 Tahun 2004, BI harus melepaskan seluruh penyertaannya modal pada seluruh anak usahanya paling lambat lima tahun sejak undang-undnag berlaku BI saat ini memiliki 18 persen saham di PT Askrindo dan 82,22 persen di BPUI.

Dijelaskan Boediono, proses divestasi pada ketiga anak usaha BI telah diupayakan dan sampai saat ini tengah berjalan. "Khusus indover, saat ini dalam proses kepailitan di pengadilan Belanda dan kegiatannya diambil oleh kurator," katanya.

Sementara untuk Askrindo dan BPUI sesuai hasil rapat dengar pendapat Pokja Perbankan Komisi Keuangan dengan BI pada   5 Februari 2008 lalu disepakati proses divestasi anak perusahaan BI dilakukan melalui penawaran kepada pemerintah dan BUMN.

Sementara Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman Hadad mengatakan, BI sudah meminta audit BPK terkait dengan divestasi anak usah, khususnya Indover. Audit itu kini tengah berlangsung. "BPK butuh beberapa tambahan data. Saya kira masih dilakukan sampai nanti, namun disamping itu kita juga pemilik Bank Indover juga melakukan audit internal sehingga jadi ada gambaran intern dan kita tunggu audit yang akan disampaikan BPK," ujarnya.

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru
Manajer Manchester United, Erik ten Hag

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU

Manajer Manchester United, Erik Ten Hag masih percaya dengan Casemiro, meski sang pemain dinilai sudah mengalamai penurunan performa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024