Media di China Tak Beritakan Insiden PM Wen

VIVAnews - Media massa di China begitu cepat dan gencar memberitakan memberitakan insiden pelemparan sepatu ke George W. Bush oleh Muntadhar al-Zaidi, akhir tahun lalu. Namun kali ini, saat giliran Perdana Menteri China nyaris terkena lemparan sepatu, media China - yang rata-rata milik pemerintah - menjadi pendiam.

Harian dan situs berita China tetap memberitakan pidato Wen Jiabao saat memberikan kuliah umum di aula Universitas Cambridge, Inggris, Senin 2 Februari 2009, tetapi sama sekali tidak ada berita tentang pelemparan sepatu itu. Informasi tentang insiden itu sempat muncul di berbagai forum internet, tetapi tampaknya telah dihapus.

Jaringan televisi pemerintah CCTV menayangkan komentar Menteri Luar Negeri China yang mengaku bahwa ada suatu gangguan terjadi selama Wen menyampaikan pidato. Namun dia tidak menyebut bahwa ada sepatu yang dilempar ke arah Wen. Dalam tayangan singkat pidato Wen di CCTV, kamera terus menyorot Wen, tidak menyorot ke sepatu atau pemrotes Wen.

Padahal pernyataan Wen dan suara sepatu yang jatuh dapat terdengar. Dalam tayangan itu ditunjukkan kalau Wen sempat melihat ke samping, lalu melanjutkan pidato. "Para dosen dan mahasiswa, perbuatan tercela semacam ini [pelemparan sepatu] tidak akan mampu menghentikan jalinan persahabatan warga China dan Inggris," kata Wen diikuti tepuk tangan hadirin.

Surat kabar seperti People's Daily dan tabloid komersil, Beijing News, memuat laporan tentang pidato, tetapi tidak menyinggung insiden penghinaan tersebut. Pemerintah menjaga ketat agar informasi tentang pelemparan sepatu tidak menyebar lewat internet.

Melalui mesin pencari informasi Google, sebuah forum terkenal di dunia maya China bernama Tianya sempat menampilkan pertanyaan seorang pengunjung forum terkait peristiwa yang terjadi setelah pidato Wen.

Namun, saat link tersebut di-klik, isinya lenyap. Melalui mesin pencari populer di China yang bernama Baidu, bahkan tidak ditemukan satupun informasi tentang pelemparan sepatu pada tokoh Partai Komunis China tersebut. (AP)

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Mantan Staf KhususSyahrul Yasin Limpo alias SYL di Kementan RI, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan dirinya sempat mendapatkan perintah dari SYL untuk mengurus ultah NasDem.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024