Hasil Investigasi Kebakaran Depo Plumpang

Asal Api dari Gesekan Kaleng Sampling

VIVAnews - Kepolisian melansir penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang adalah uap bensin dalam tangki yang terkena percikan api. Menurut Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji, api berasal dari percikan yang berasal dari elektrostatis atau listrik statis.

"Yang timbul akibat gesekan can sampling [kaleng contoh minyak] dengan slot lubang ukur," kata Susno di di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 4 Februari 2009.

Percikan api, tambah dia, lantas menyambar uap bertekanan tinggi. "Dan menimbulkan tutup tangki terpelanting," kata Susno.

Jika dilihat dari luar, kata Susno, yang terlihat adalah ledakan dulu baru kebakaran. Padahal, tambah dia, tak seperti itu sebenarnya. "Terbakar dulu, meledak, baru tutup tangki meledak," tambah Susno. Polisi, kata dia, sedang menyelidiki indikasi adanya kesalahan manusia [human error].

Darimana asal kaleng? Manajer Hubungan Eksternal Pertamina, Maruli Harahap, kaleng contoh berada di dalam tangki. "Padahal seharusnya sudah diambil sejak pukul 05.00 WIB," kata dia  usai paparan hasil investigasi di Markas Besar Kepolisian.

Meski demikian, kata Maruli, soal kemungkinan human error bukan urusan Pertamina. "Itu urusan polisi," tambah dia.

Sebelumnya, Markas Besar Polri telah mengungkapkan penyebab terjadinya kebakaran hebat yang terjadi Minggu 18 Januari 2009.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

Menurut hasil investigasi tim gabungan dari Markas Besar Polri, tim ahli Pertamina Pusat, dan tim ahli Migas, tidak ada unsur terorisme dalam penyebab terjadinya kebakaran tangki yang saat itu berisi 1.500 sampai 2.000 kiloliter premium itu.

Api di Plumpang baru bisa dipadamkan pada Senin, 19 Januari 2009, sekitar pukul 06.00 WIB. Kebakaran itu menimpa tanki raksasa yang terbesar dan modern.  Depo Plumpang adalah pusat suplai bahan bakar untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Satu orang tewas dalam musibah kebakaran ini, yakni  Zaenuddin (25) yang merupakan petugas satuan pengamanan Pertamina.

Toyota Rush GR Sport

Mau Beli Toyota Rush GR Sport, Segini Cicilannya per Bulan

New Toyota Rush GR Sport hadir dengan desain eksterior yang lebih agresif dan sporty, dengan sentuhan warna hitam yang tegas.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024