Pencalonan Tuan Rumah Olimpiade Remaja

Pengalaman Gelar ABG Untungkan Indonesia

VIVAnews - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tak ingin sendirian dalam membidik tuan rumah 2nd Summer Youth Olympic Games 2014 (Olimpiade Remaja II). Dalam proese bidding, induk olahraga multi event tanah air itu akan menggandeng pemerintah.  

Kepada VIVAnews, Kamis, 5 Februari 2009, Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ari Ariotedjo juga mengatakan peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah cukup terbuka. Sebab, Indonesia baru saja mendapat penghargaan dari IOC atas suksesnya penyelenggaraan Asian Beach Games (ABG) di Bali 2008 lalu.

"Dengan dukungan dari semua pihak, saya pikir kita mampu untuk jadi tuan rumah Olimpiade Remaja," tandas Ari.
 
Surat pengajuan Jakarta sebagai tuan rumah dilayangkan setelah mendapat izin dari pemerintah Republik Indonesia. Bahkan dalam surat yang dikirim ke Komite Olimpiade International (IOC) 26 Januari 2009 itu, KONI juga melampirkan surat pernyataan dukungan pemerintah RI. 
 
Ari Ariotedjo menambahkan kalau pihaknya  telah mendapat surat edaran terkait proses pencalonan diri dari IOC 28 November 2008. Setelah itu, KONI langung mengadakan koordinasi dengan pemerintah RI.   
 
"Pemerintah mendukung upaya KONI untuk mengajukan diri dalam proses bidding. Saat ini KOI sedang mempersiapkan materi yang dalam waktu dekat akan kami serahkan kepada pemerintah. KOI selanjutnya akan membantu pemerintah dalam  mempersiapkan, mempromosikan dan mengajukan proposalnya sesuai dengan aturan dan batas waktu yang telah ditetapkan oleh IOC,” kata Ari. 
 
Indonesia akan bersaing dengan lima negara lain, yakni Cina, Meksiko, Polandia, Turki, dan Maroko. Batas waktu menyerahkan proposal 1 September 2009 dan seleksi akan dilakukan pada pertemuan (session ) IOC ke 122 yang akan berlangsung di Vancouver, Kanada, pada bulan Februari 2010. 
 
Youth Olympic atau Olimpiade Remaja merupakan multi eben empat tahunan yang menjadi agenda rutin IOC. Kompetisi yang diikuti oleh 205 negara ini terdiri dari 26 cabang olahraga dan diikuti oleh atlet yang berusia anatar 14-18 tahun. Selain menyelenggarakan kompetisi olahraga, tuan rumah juga disyaratkan untuk menyelenggarakan program-program kebudayaan dan pendidikan. 

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

Pakar komunikasi politik mengatakan kehadiran Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ke KPU menyiratkan peluang parpol pengusungnya bergabung dengan koalisi pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024