Transisi Pelaksana Penempatan TKI Berakhir

VIVAnews - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) memperkirakan pada Maret 2009 proses transisi seluruh Pelaksana Penempatan TKI Swasta untuk bergabung dengan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan selesai. 

"Masa transisinya butuh waktu setidaknya sebulan sampai 1 Maret 2009, untuk memberi waktu pada Pelaksana Penempatan TKI Swasta yang belum bergabung," kata Wakil Ketua Umum Apjati Rusdi Basalamah usai bertemu Menteri Tenaga Kerja di Jakarta, Jumat 6 Februari 2009.

Beberapa Pelaksana Penempatan TKI, menurut Rusdi, masih ada yang tergabung dalam Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). "Masih ada sisa-sisa lama, semua harus dialihkan," kata dia. 

Menurut Rusdi, saat ini sudah ada 50 persen dari 508 Pelaksana Penempatan TKI yang bergabung di Direktorat Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja. 

Anggota asosiasi daerah, saat ini sudah mulai mengalihkan wewenang perlindungan dan penempatan TKI ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat. "Di beberapa daerah sudah jalan, contohnya Jawa Timur dan Jawa Tengah," kata dia. "Sedangkan Nusa Tenggara Barat segera menyusul."

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno juga membenarkan upaya sosialisasi sudah berjalan. "Sedang dijalankan sosialisasi dan meluruskan peraturan yang baru," kata Erman. Contohnya, hari ini sedang dilakukan sosialisasi ke DI Yogyakarta.

Erman juga berencana dalam waktu dekat akan mengundang semua Pelaksana Penempatan TKI untuk menjelaskan dan penataan kembali proses-proses pelaksanaan penempatan dan perlindungan TKI. "Akan dijelaskan bagaimana proses pembekalan akhir pemberangkatan, surat izin pengerahan, dan definisi tenaga kerja luar negeri," katanya.

Gawat, Gaya Main Timnas Indonesia Sudah Dibaca Pelatih Australia
Kepala Eksekutif Apple Tim Cook.

Bos Apple Tim Cook Injakkan Kaki di BSD Tangerang

Kepala Eksekutif Apple Tim Cook menyambangi Apple Developer Academy di BSD, Tangerang, Banten yang merupakan pusat pengembangan aplikasi iOS pertama di Asia Tenggara.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024