GT Championships 2009

Sirkuit Cenderung Licin dan Berminyak

VIVANews - Sirkuit jalan raya pertama di Indonesia, Lippo Village untuk pertama kali diujicoba, Jumat, 6 Februari 2009. Pembalap - pembalap yang akan tampil pada kejuaraan GT Championships Seri I, Sabtu,7 Februari 2009 hingga Minggu, 8 Februari 2009 mulai memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

Menurut Alvin Bahar, pembalap Honda Racing Team, sirkuit sepanjang 3,2 km itu masih licin sehingga menyulitkan mobil untuk berbelok. Kondisi ini disebabkan pengaspalan yang baru selesai dua hari menjelang uji coba. 
 
Pembalap semakin kesulitan untuk memacu mobilnya dalam kecepatan maksimal karena banyaknya tikungan tajam pada sirkuit yang akan digunakan untuk balapan internasional A1GP Novemnber 2009 itu. "Aspalnya baru jadi, jadi masih berminyak dan licin," ujar Alvin, Jumat, 6 Februari 2009. 
 
Meski demikian, Alvin menilai sirkuti Lippo Village punya keunikan tersendiri. Berbeda dengan sirkuit Sentul, Jawa Barat, yang biasa dipakai untuk menggelar balapan GT Car, Lippo Village menurut Alvin mampu memberikan sensasi tersendiri karena dikelilingi oleh mall dan gedung-gedung bertingkat.
 
Hanya dia menyayangkan porsi sirkuit yang terlalu banyak. Mestinya sirkuit cukup 25 persen saja sedangkan 75 persen menggunakan jalan raya yang ada di sekitar Lippo Karawaci. ”Tapi ini kan porsi sirkuit dan jalan raya fifty-fifty, jadi pemandangannya kurang banyak,” kata Alvin.  

Dengan modal juara nasional tiga kali berturut-turut (2006,2007, 2008), pembalap Alvin Bahar membidik gelar juara sejati pada balapan ini.  Alvin mengaku sangat antusias untuk turun pada seri non kejurnas GT Car Championship ini. Pasalnya, dengan adanya dua jenis balapan serupa yaitu non kejurnas dan kejurnas, Alvin bisa lebih maksimal dalam mempersiapkan diri.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh pembalap Honda Jakarta Center - Petronas Racing Team, Rama Danindro. Menurut Rama, sirkuit Lippo Village masih licin. Tak hanya itu, pengaspalan yang tidak sempurna juga menyebabkan beberapa bagian lintasan sudah mulai terkelupas. 
 
"Namun secara keseluruhan sirkuit ini cukup menantang. Seluruh pembalap abru pertama kali tampil disini. Jadi butuh keahlian khusus untuk bisa menaklukannya," kata Rama. 
 
Bagi Rama, sirkuit jalan raya bukan hal yang baru. Sebab, dia pernah tampil di balapan jalan raya yang digelar di Beijing, China. Bahkan menurut Rama, sirkuit di Negeri Tirai Bambu itu lebih sempit dibanding Lippo Village. 
 
"Disini peluang untuk menjadi juara cukup terbuka. Sebab, semua pembalap sama-sama belum pernah tampil disini. Bagi saya, ini waktunya untuk membuktikan  kualitas dari masing-masing pembalap," kata Rama. 
 
Penyempurnaan terus dilakukan pihak pengelola Lippo Village. Usai uji coba, beberapa pekerja masih masih terlihat membenahi sirkuit dan tribun penonton yang akan dipakai hari ini dan besok.

Menurut Head of Cooperation Communication Lippo, Danang K J hari ini sirkuit dipastikan sudah siap pakai. Proses pengerjaan yang masih berlangsung diakuinya hanya sekadar penyempurnaan saya.

”Semuanya dipastikan sudah rampung saat lomba digelar.  Masih ada waktu malam ini untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum rampung,” kata Danang.  

Selain balapan GT Car, Lippo Village mulai hari ini hingga besok akan menggelar balapan  Super Touring, OMR (One Make Race) dari Honda Jazz, dan balapan motor Super Bike. Peresmian sirkuit sendiri baru dilakukan Minggu, 8 Februari 2009. 

Pengalihan Arus Lalu Lintas Bingungkan Warga
Sementara itu, warga pengguna jalan kebingungan atas pengalihan lalu lintas di kawasan Lippo Karawaci. Pengalihan itu dilakukan pihak Lippo karena sebagian jalan raya di kawasan itu digunakan untuk balapan dalam rangka uji coba sirkuit.
 
Masyarakat sempat kebingungan untuk masuk ke arah Lippo maupun ke arah Binong, Legok, dan Curug karena jalan utama menuju kawasan itu yaitu jalan Boulevard Palem Raya ditutup hingga Minggu (8/2).

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Warga mengaku belum diberi pengumuman soal pengalihan jalan. Akibatnya, tidak sedikit pengendara yang nyasar-nyasar sebelum sampai tujuan. Terlebih jalan-jalan tikus yang ada juga ditutup.
 
Akibat pengalihan itu, jalan satu-satunya masuk ke kawasan Lippo Karawaci melalui jalan Raya Legok, mengelilingi perumahan Lippo, Supermal Karawaci. Meski jalurnya memutar lebih jauh, kendaraan bisa menuju Binong, Curug, dan tol Jakarta-Merak.

VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024