2009, Restoran Tumbuh 10%

VIVAnews - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) memprediksi pertumbuhan restoran sepanjang 2009 akan lebih baik dibandingkan pertumbuhan sektor perhotelan. Estimasi pertumbuhan restoran diperkirakan mencapai 10 persen.

Ketua PHRI Wiryanti Sukamdani mengatakan, besarnya pertumbuhan itu akibat ekspansi usaha sektor restoran. "Restoran skalanya sangat lebar, dari kecil sampai di hotel berbintang," kata dia, di Jakarta, Senin 9 Februari 2009.

Ekspansi kebanyakan berasal dari rumah makan dan restoran skala kecil. Saat ini terdapat 3000-an anggota PHRI dari berbagai kelas, sehingga sektor restoran lebih cerah dari pada sektor perhotelan

Meskipun usaha restoran lebih baik, ada beberapa kendala yang merintangi pertumbuhan restoran. Pengenaan pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM) terhadap makanan dan minuman impor, menurut Yanti tidak tepat dan menghalangi masuknya investasi di sektor ini.

Kini pihaknya sedang mengupayakan dengan kementerian terkait yakni Departemen Perdagangan, Departemen Perindustrian, dan Departemen Keuangan untuk mengkaji lebih lanjut peraturan itu. "Persoalannya cukup panjang, sekarang sedang dalam proses," ujar Yanti.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024