Menara Jakarta Tertinggi di Dunia

Tak Goyang Diterpa Krisis Ekonomi Global

VIVAnews - Pembangunan Menara Jakarta tak terhenti meski krisis ekonomi tengah melanda dunia saat ini. Megaproyek itu menelan anggaran sekitar Rp 3 triliun.

"Kami tetap optimistis proyek ini berjalan sesuai target," kata Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta, saat berbincang dengan VIVAnews awal pekan ini, 11 Februari 2009.

Ia tak memungkiri proyek itu sempat mandeg selama enam tahun akibat krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 silam. Tapi, tidak untuk krisis yang melanda perekonomian global saat ini.

Dari Rp 3 triliun yang dibutuhkan untuk merampungkan megaproyek itu, Roesdiman, mengaku telah mengantongi Rp 500 miliar dari para pengusaha yang tergabung dalam konsorsium. Sedangkan sisanya, ia akan mengandalkan pinajaman Rp 1,3 triliun, dan penjualan pra-proyek Rp 900 miliar.

Saat ini, ia mengaku masih mengoptimalkan dana Rp 500 miliar. Sedangkan, pinjaman akan ia lakukan secara bertahap sembari menunggu krisis ekonomi reda. "Memang di tengah krisis seperti ini banyak bank yang takut member pinjaman. Tapi saya yakin bisa. Nggak mungkin juga lah semua bank nggak mau kasih pinjaman," kata dia.

Menara Jakarta setinggi 558 meter diproyeksikan menjadi menara tertinggi di dunia. Menara ini akan mengalahkan Canadian National Tower di Toronto, Kanada (553 m), Oriental Pearl Tower di Shanghai, China (460 m), dan Kuala Lumpur Tower di Kuala Lumpur, Malaysia (421 m).

Menara Jakarta akan dikembangkan secara terpadu sebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan teknologi tinggi. Menara ini juga akan dikembangkan menjadi pusat gaya hidup. dengan mengintegrasikan aspek teknologi, hiburan, pendidikan, pariwisata dan perdagangan.

Rencananya, menara ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti anjungan wisatawan, tempat parkir seluas 144 ribu meter persegi, gedung podium 17 lantai, restoran berputar, mal, kafe, taman hiburan, museum sejarah Indonesia, hotel, ruang pameran, dan pusat multimedia.

Pembangunan Menara Jakarta, saat ini, telah sampai pada tahap pemasangan pondasi. Menara yang dibangun di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, ini direncanakan beroperasi pada 2012.

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam

Baca juga: Sejarah Pembangunan Menara Jakarta dan Anjungan Wisata di Ketinggian 331 Meter

Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024