KPK Minta Tambahan Anggaran

Komisi Hukum Pertanyakan Angka Rp 90 Miliar

VIVAnews - Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat mempertanyakan tambahan anggaran Rp 90 miliar yang diminta Komisi Pemberantasan Korupsi. Komisi dianggap tidak merinci permintaan itu.

"Dari mana tiba-tiba ada angka Rp 90 miliar," kata anggota Fraksi Bintang Reformasi, Junisab Akbar, dalam rapat dengar pendapat dengan KPK di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 11 Februari 2009.

Menurut Akbar, dalam rapat dengan Komisi Hukum sebelumnya, KPK tidak membahas tambahan anggaran itu. "Agar semuanya jelas dan tidak terkesan kita anti-KPK," ujarnya.

Sementara itu, Usamah Muhammad Al Hadar menambahkan belum disetujuinya permintaan KPK ini karena komisi hukum belum mengetahui rincian penggunaan anggaran itu. "Untuk apa uang sebesar itu, karena itu kan uang rakyat," ujar anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan itu.

Menanggapi pertanyaan itu, Ketua KPK Antasari Azhar menjelaskan komisi sudah mengirimkan surat kepada Komisi Hukum sejak 8 Juli 2008. Surat dikirimkan melalui Sekretariat Jenderal. Antasari juga mendukung perlu adanya audit terhadap anggaran itu. "Agar transparan," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi meminta tambahan anggaran tahun 2009 hingga Rp 126 miliar. Tambahan anggaran itu untuk membiayai pembangunan gedung baru sebesar Rp 90 miliar, kegiatan supervisi Rp 31 miliar, dan untuk kelengkapan alat komunikasi sebesar Rp 5 miliar.

Mengenai rencana pembangunan gedung baru, KPK sudah mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan untuk membangun gedung di atas tanak seluas 8.294 meter persegi. Pembangunan gedung itu diperkirakan memakan biaya Rp 187,90 miliar. Pembangunan ini akan dialokasikan untuk tahun anggaran 2009 sebesar Rp 90 miliar, dan anggaran 2010 sebesar Rp 97,90 miliar.

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
Han So Hee.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Han So Hee lagi-lagi menjadi sorotan pengguna media sosial. Kali ini, Han So Hee disebut menyerang Hyeri melalui unggahannya pada Jumat pagi 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024