Batas Wilayah Negara

KSAL: Filipina Tak Bisa Klaim Myangas

VIVAnews - Perebutan wilayah perbatasan bisa memanaskan hubungan antar negara. Baru-baru ini Filipina mengklaim ada wilayah lautnya masuk ke wilayah Pulau Myangas, Sulawesi Utara, perbatasan Indonesia-Filipina sebagai daerah teritorialnya. Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno menegaskan Pulau Myangas adalah wilayah Indonesia.

"Silahkan saja mereka [Filipina] punya perhitungan demikian. Tapi, tidak bisa mengklaim otomatis bahwa itu adalah wilayahnya dia," kata Tedjo Edhy saat ditemui di Gedung Dewan, Senayan, Jakarta, Kamis 12 Februari 2009.

Pulau Myangas, kata Tedjo, memang dekat dengan Filipina, namun secara geografis, pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina itu adalah wilayah Indonesia. "Itu adalah titik dasar pengembangan wilayah kita ke depan," lanjut Tedjo.

Soal beda perhitungan, tambah dia, harus dibicarakan secara diplomatis. "Melalui Departemen Perhubungan tentunya," tambah dia.

Meski ada masalah klaim-mengklaim, kata Tedjo, Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Filipina tak lantas berseteru di perairan. Keduanya justru melakukan patroli bersama di wilayah perbatasan. " Dia [Filipina] mengamankan wilayah kita tapi tidak bicara masalah klaim. Kita sangat akrab dengan mereka," tambah Tedjo. 

Indonesia, yang kepulauan, punya banyak batas wilayah dengan negara lain. Wilayah darat Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste. Sedangkan di laut berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Sementara itu, wilayah yurisdiksi Indonesia di laut berbatasan dengan Australia, Filipina, India, Malaysia, Papua Nugini, Republik Palau, Vietnam, Thailand, dan Timor Leste.

Sebelumnya, Indonesia dan Singapura telah menyepakati perbatasan baru yakni Pulau Nipa bagian utara. Tindak lanjutnya kesepakatan resmi soal perbatasan baru akan ditandatangani kedua negara pada bulan Februari 2009.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran
Divisi Humas Polri menggelar buka puasa bersama wartawan

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Divisi Humas Polri bersama wartawan menggelar acara buka puasa bersama di kantor Divisi Humas Polri pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024