Flu Burung

Sulawesi Selatan Kehabisan Vaksin Flu Burung

VIVAnews - Persediaan vaksin avian influenza (AI) atau flu burung sub type H5N1 di Dinas Peternakan Sulawesi Selatan kosong. Padahal, vaksin tersebut sangat dibutuhkan untuk kondisi perubahan cuaca saat ini.
 
"Sudah dua minggu ini stok untuk vaksin jenis H5N1 dalam gudang sudah kosong,” kata Kepala Dinas Peternakan Sulawesi Selatan, Arifin Daud kepada VIVAnews Kamis, 12 Februari 2009.

Menurut Arifin, kekosongan stok vaksin H5N1 untuk saat ini cukup mengkhawatirkan. Sebab, virus flu burung cenderung banyak muncul saat perubahan cuaca seperti sekarang. Kekosongan stok menyulitkan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus flu burung, jika tiba-tiba virus tersebut muncul.

Ditambahkannya, kondisi tersebut telah dilaporkan ke  Departemen Pertanian di Jakarta sebelum persediaan di gudang milik Dinas Pertanian betul-betul kosong. Namun permintaan tersebut belum dipenuhi. Diharapkannya, Departemen Pertanian mempercepat pengiriman vaksin.

"Mudah-mudahan vaksin tersebut sudah tiba minggu depan. Itupun sebenarnya sudah terlambat," kata Arifin.

Dinas Pertanian Sulawesi Selatan mengusulkan sekitar 12 juta dosis vaksin flu burung dalam upaya pencegahan meluasnya virus tersebut ke unggas lainnya. Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan Dinas Peternakan Sulawesi Selatan selama satu tahun.

Sebagai langkah awal pencegahan penularan virus selama kosongnya stok tersebut, dinas peternakan mengimbau pengusaha ayam dan peternak ayam untuk melakukan pembersihan dan penyemprotan kandang ternak.

Berdasarkan data dinas peternakan,  Sepanjang Januari sampai Februari 2009, lebih dari 200 ekor unggas telah dimusnahkan. Ayam-ayam yang positif terkena virus H5N1 itu, berasal dari Kabupaten Maros dan Makassar .

Sebelumnya, Dinas Peternakan juga telah mengumumkan 6 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yang dianggap sebagai daerah rawan penyebaran virus flu burung. Keenam daerah tersebut diantaranya Kabupaten Gowa, Bone, Sidrap, Barru, Maros dan Kota Parepare. Enam kabupaten/kota tersebut merupakan sentra penhgasil unggas di Sulsel.

Laporan: Rahmat Zeena|Makassar

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024