Bakrie Sumatera Plantations

Berdayakan Warga Pasaman Barat

VIVAnews - Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (PT BSP) Unit Sumbar giat dan konsisten memberdayakan masyarakat daerah sekitar perusahaannya.

"Kami telah membuat program-program pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan tempat kami beroperasi, secara berkelanjutan. Ini bagian dari program corporate socialresponsibility PT BSP," kata VP CSR PT BSP,  Suwandi, saat pencanangan salah satu dari rangkaian program tersebut di Pasaman Barat.

Pada kesempatan tersebut, Suwandi meresmikan dimulainya pelatihan bagi 51 orang petani sawit binaan PT BSP di Kabupaten Pasaman dan memberikan 9.296 pokok sawit kepada mereka untuk tahun tanam 2009.

Selain itu, PT BSP juga memulai pilot project pengembangan usaha itik sebanyak 200 ekor itik petelur kepada peternak itik di Jorong Saroka, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Pasaman Barat, serta pemberian bantuan dana sebesar Rp.15 juta untuk Kelompok Pengrajin Gula Aren Dusun Lubuk Alai, Jorong Bulu Laga Nagari Ujung Gading Kec. Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat.

Acara tersebut dihadiri oleh Jasman Malik, Kepala Dinas Perkebunan Kab. Pasaman Barat, beserta unsur Muspida Pasaman Barat lainnya, dan Edy Sukamto, Business Unit Head PT BSP Unit Sumbar.  Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kelanjutan perekonomian masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar lokasi usaha perusahaan.

"Kami di Kelompok Usaha Bakrie memiliki komitmen yang besar terhadap pengembangan kemasyarakatan di mana kami berusaha. Pendiri perusahaan ini, Haji Ahmad Bakrie telah mengamanahkan kepada kami bahwa ‘setiap rupiah yang dihasilkan dari perusahaan  Bakrie harus bermanfaat bagi orang banyak," ucap Edy Sukamto.

Sebagai modal kemitraan mereka dengan PT BSP, kelompok peternak itik di Jorong Saroha, nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang menerima 200 ekor itik petelur. Sementara itu, kelompok pengrajin gula aren menerima modal kemitraan senilai Rp.15 juta sebagai dana pengelolaan kebun Aren dan pembelian peralatan penghasil gula aren. "Kedua kelompok tersebut akan mendapatkan manfaat dan keuntungan melalui sistem bagi hasil," kata Edy Sukamto.

Menurut Suwandi, di saat krisis sedang berkecamuk sekarang ini, perusahaan-perusahaan besar seperti Kelompok Usaha Bakrie tidak boleh menyurutkan langkah untuk melaksanakan program-program pemberdayaan masyarakat. "Justru harus sebaliknya, membantu masyarakat sekitar tempat usaha, agar mereka bisa lebih berdaya di tengah melemahnya perekonomian," ujarnya.

Secara sistematik melancarkan aksi-aksi kemanusiannya melalui program-program CSR sejak tahun 2006 lalu, PT BSP telah menyalurkan tidak kurang dari Rp 7,1 miliar untuk pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang, yakni ekonomi, pendidikan, kesehatan, keagamaan, lingkungan, olahraga dan penanganan bencana alam.

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri

"Tahun 2009 sebagaimana tahun-tahun lalu, kami tetap mengalokasikan anggaran sebesar 1,5 persen dari nett profit dengan prioritas kegiatan bidang pendidikan," kata Suwandi.

Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan Nobar Webinar Literasi Digital.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024