Tolak Sistem Pajak Online

"Jangan-jangan Pengusaha Takut Ketahuan"

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan sistem pajak online aman. Pengusaha restoran dan hotel tak perlu khawatir rahasia perusahaan terbongkar.

"Saya yakin pemda tak akan bermaksud mengobok-obok seluruh transaksi para pengusaha," kata Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budiman, Sabtu 14 Februari 2009.

Dia yakin Dinas Pendapatan Daerah tak akan gegabah memakai sistem pajak online. Sistem hanya dirancang untuk mendata dan memeriksa hal-hal terkait objek pajak.

Para pengusaha seharusnya tak perlu keberatan berpartisipasi dalam sistem online. Kontribusi para pengusaha dipercaya akan meningkatkan pendapatan asli daerah. PAD dari sektor pariwisata  tahun 2008 mencapai Rp 1,5 miliar. "Saya yakin dengan sistem ini bisa meningkat dua kali lipat," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi B DPRD DKI, Ben Sitompul, justru menaruh curiga ketika sejumlah pengusaha menolak penerapan sistem ini. Ben khawatir para pengusaha bukan wajib pajak yang baik. "Jangan-jangan mereka yang takut ketahuan."

Ben bahkan mengusulkan penerapan sistem pajak online di seluruh sektor. Ia yakin penerapan sistem pajak online bisa meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI dua kali lipat. APBD DKI tahun 2009 sekitar Rp 22 triliun. "Tak mustahil dengan sistem online, bisa meningkat menjadi Rp 40 triliun." 

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus
Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) akan melakukan ulang lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy Satriyo dengan harga murah karena tidak laku.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024