Situs Jejaring Sosial

Facebook Ekspansi ke Ponsel

VIVAnews - Tak hanya untuk perangkat BlackBerry, Facebook kini tengah mengembangkan aplikasinya untuk perangkat handset buatan Nokia, Motorola, dan Palm. Langkah ini ditempuh Facebook untuk mendongkrak trafik situs jejaring sosialnya melalui perangkat bergerak.

Kabarnya, saat ini proses tersebut masih dalam tahap pembicaraan dengan para vendor. Facebook sendiri melihat adanya peluang besar yang bisa digarap melalui perangkat bergerak atau ponsel.

“Kami akan menjalin kerja sama dan membangun kemitraan dengan seluruh operator telekomunikasi dan pabrik ponsel di seluruh dunia,” kata jurubicara Facebook pada Wall Street Journal, seperti VIVAnews kutip dari InformationWeek, Selasa 17 Februari 2009. Sayangnya, pihak Facebook belum bersedia memaparkan tentang kerja samanya tersebut secara spesifik.

Didukung teknologi yang semakin canggih dan pengayaan jaringan yang berkembang pada layanan data, Facebook optimis dapat meningkatkan trafik akses terhadap situs jejaring sosialnya lewat alat komunikasi genggam. Sebagai contoh, saat ini diketahui Facebook telah diakses oleh sekitar tujuh juta penduduk Amerika Serikat, dibandingkan rival terdekatnya MySpace hanya mencatat sekitar 5,7 juta pengakses.

Salah satu fungsi yang sedang didiskusikan adalah integrasi account Facebook pada address book ponsel Nokia. Dengan demikian, pengguna dapat melihat temannya ketika online via Facebook, mengirim dan menerima pesan, bahkan meninggalkan pesan pada “wall” account Facebook temannya itu.

Di samping Nokia, Facebook juga melakukan pendekatan dengan Motorola. Pada sejumlah ponsel Motorola disinyliar pengembangan aplikasi-aplikasi Facebook akan lebih banyak lagi, mengingat ponsel Motorola pada umumnya menggunakan sistem operasi Android yang berstandar arsitektur terbuka.

Palm Pre, kemampuan integrasi kontak account Facebook sudah tersedia, hanya saja tinggal pengembangan beberapa fungsi dan aplikasi lainnya dalam waktu dekat.

Ekspansi Facebook maupun MySpace ke dalam ponsel pengguna diprediksi akan memicu pertumbuhan periklanan kedua raksasa jejaring sosial online tersebut, karena nantinya medium iklan tak hanya terfokus pada halaman situs tetapi juga aplikasi-aplikasi yang diintegrasikan pada ponsel.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang
Nick Kuipers, Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1

Persib Bandung berhasil meraih tiga poin usai tekuk Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat pada Sabtu sore, 20 April 2024

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024