Sukses Latih Anak Pipis Sendiri

VIVAnews – Membiasakan si kecil pergi ke toilet saat akan buang air merupakan masa sulit. Demi alasan kepraktisan, banyak orang tua lebih memilih memakaikan popok modern pada anaknya. Hal ini justru menyulitkan proses belajar ke toilet dan menghentikan kebiasaan mengompol. Karena anak jadi merasa lebih praktis memakai popok dan enggan ke toilet untuk pipis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Untuk mengatasinya, Anda harus mulai mengajari anak pergi ke kamar mandi jika ingin buang air kecil ataupun besar. Mengajarkan kemandirian harus dilakukan sedini mungkin. Jangan pernah berpikir anak terlalu kecil sehingga ditoleransi jika mengompol. Belajar lebih dini akan lebih mudah mengajari anak.

Anda bisa mulai mengajari anak pipis ke kamar mandi sejak usia enam bulan. Usia itu hingga 3 tahun merupakan masa paling penting mengajari anak menggunakan toilet dan lepas dari popoknya.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Untuk memudahkan melatih si kecil ke toilet, ikuti tips berikut ini.

Perhatikan kebiasaan anak
Jika Anda sering berinteraksi dengan si kecil, pasti Anda bisa mengamati kapan saat dia merasa akan buang air. Jika diamati dari pola makan dan minumnya, Anda bisa menerka kapan kira-kira dia akan pipis. Ajak dia ke toilet. Meskipun ia belum akan pipis, pancing supaya ia mengeluarkan air seninya. Misalnya dengan menciprat-cipratkan air ke alat vitalnya.

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Mulai tinggalkan popok
Anda harus mulai membiasakan anak tidak memakai popok. Pakaikan celana kain. Jika dia punya baju kesukaan, pakaikan. Jika memakai baju kegemarannya, ia akan merasa lebih sayang mengotorinya. Jika ia terlanjur mengompol di celana, jangan memarahinya. Ajaklah ke toilet untuk membersihkan diri. Dengan begitu ia akan mengerti bahwa kotorannya harus dibuang di toilet dan harus segera dibersihkan.

Pakai potty
Gunakan alat khusus untuk latihan pipis atau potty. Alat yang bentuknya berupa mainan mirip kloset itu akan membiasakan anak dengan kloset sebenarnya di kamar mandi, tapi dengan ukuran yang sesuai tubuhnya.Letakkan potty itu di kamar mandi di sebelah kloset dan latihlah dia saat mandi.

Santai dan tidak emosi
Jangan terlalu menekan anak untuk cepat bisa pipis sendiri. Jika ia melakukan kesalahan, jangan memarahi. Anda harus lebih memberikan pemahaman daripada perintah-perintah.

Bentuklah kebiasaan
Saat si kecil bangun tidur, segera ajak si kecil untuk pergi ke toilet. Begitu juga saat akan berangkat tidur. Dengan begitu, kebiasaan anak Anda terbentuk dan menjadi rutinitas.

Berikan pujian
Tempelkan stiker bintang di kamar mandi jika si kecil berhasil pipis ke toilet tanpa mengompol. Semakin banyak bintang tentu ia akan semakin termotivasi dan bangga atas usahanya sendiri. Jangan lupa memberinya pujian. Hal itu akan membuatnya senang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya