Rupiah Masuk Zona Hijau

VIVAnews - Fluktuasi rupiah belum berkesudahan. Kamis 18 Februari 2009, mata uang ini setia bertengger di level Rp 12.000-an/US$ sebelum akhirnya masuk ke zona hijau pada sore hari.

Pukul 16.20 WIB, pada data indeks mata uang Bloomberg, rupiah berhenti di level 11.965/US$, menguat 10 poin dibandingkan sehari sebelumnya di posisi 11.975/US$. Sementara kurs tengah mata uang Bank Indonesia, rupiah menyentuh 11.975/US$ dari Rp 11.925/US$ pada Rabu.

Tony Maryano, research valuta asing dari PT Integral Investama Future kepada VIVAnews mengatakan, fluktuasi mata uang di dalam negeri tidak terlepas dari kondisi global, di mana dolar AS mengalami penguatan signifikan. Sementara sentimen di dalam negeri juga belum mampu mengangkat rupiah. "Ekspor yang turun, pertumbuhan ekonomi yang melambat secara psikologis memberikan efek pada pelaku pasar," kata Tony.

Tony juga tidak menepis dugaan terjadinya aksi spekulasi yang memicu pelemahan rupiah. Meski tidak dalam partai besar, kata dia, masih banyak perusahaan yang mengumpulkan dolar sedikit demi sedikit.

"Mereka bisa menyuruh siapa saja membeli dolar untuk memenuhi kebutuhannya. Jadi praktik ini (spekulasi) tetap terbuka, kendati sudah keluar aturan larangan dari BI, kecuali ada pernyataan beli dolar untuk spekulasi hukumannya tembak mati, tapi kan ini tidak mungkin," kata dia.

Saat ini, kata Tony, ibaratnya semua orang berusaha menyelamatkan diri sendiri dulu baru keluarga. "Kalau ada risiko akan terjadi penurunan, tentu yang utama menyelamatkan aset. Di semua negara seperti itu," katanya. Selain faktor itu, Tony mengatakan, pelemahan rupiah juga karena antisipasi akan diseleanggarakannya pemilu.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024