Demo Nasabah Bank Century

"Pak Presiden, Tolong Nyawa Telah Melayang"

VIVAnews - Puluhan nasabah Bank Century berharap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ikut memikirkan nasib mereka yang telah ditipu triliunan rupiah oleh Robert Tantular, eks pemilik bank. Mereka mengajukan tuntutan agar bank yang telah diambil alih Lembaga Penjamin Simpanan tidak dipisahkan keterkaitannya dengan produk investasi yang dikeluarkan bank.

Tuntutan nasabah ini disampaikan dalam aksi demo di depan Istana Negara, Jakarta, Jumat 20 Februari 2009. Nasabah bank mengalami kerugian Rp 1,4 triliun akibat membeli discretionary fund milik PT Antaboga Deltasekuritas yang dijual bank kepada nasabahnya. Selain memiliki saham di Century, Robert juga pemegang saham di Antaboga.

"LPS selaku pemilik Bank Century secara lembaga harus bertanggung jawab akan produk investasi itu," kata koordinator nasabah  Gunawan di lokasi demo.

Di antara pendemo terdapat perwakilan petani tembakau Jawa Timur yang juga nasabah bank, Rahman. Menurut Rahman, dia nasabah dari Cabang Panglima Sudirman, Surabaya. Ia mengaku ditawari membeli produk itu oleh kepala cabang yang saat ini telah ditahan di Mabes polri. "Saya percaya karena pelayanan bank saya acungi jempol, sehingga saya percaya dana akan aman," kata Rahman yang belakangan baru tahu produk itu fiktif.

Dalam aksinya, selain berorasi, nasabah juga membentangkan spanduk berukuran besar. Spanduk itu bertuliskan antara lain "BI dan Bank Century jangan lari dari tanggung jawab terhadap nasabah bank", "Pak Presiden tolong tuntaskan kasus Bank Century atau Antaboga, nyawa telah melayang", dan "Nasabah Bank Century minta tanggung jawab Bank Century, uang nasabah dirampok".

Perwakilan nasabah dari Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya ini terus berusaha agar bisa berdialog dengan pihak Istana, namun belum diketahui apakah perundingan bisa dilaksanakan atau tidak.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024