Internet Kian Terjangkau

Indosat Butuh Tambahan Frekuensi untuk 3G

VIVAnews - Sama halnya dengan raksasa operator selular lainnya, PT Indosat Tbk (Indosat) pun membutuhkan tambahan frekuensi 5MHz untuk menampung pelanggan 3G-nya yang terus bertambah. Apabila permintaan ini dipenuhi, tarif internet 3G Indosat bisa diupayakan turun. 
 
“Untuk menambah pelanggan saja sekarang sudah sulit karena utilitas frekuensi 3G kita yang ada sekarang sudah penuh. Existing user sudah banyak yang mulai mengeluh,” kata Teguh Prasetya, Group Head Brand Marketing Indosat saat VIVAnews wawancara lewat telepon selularnya, 20 Januari 2009. “Secara urgent, kita membutuhkan tambahan frekuensi itu,” ucapnya.
 
Sementara ini, Teguh mengatakan, yang dilakukan Indosat adalah optimalisasi jaringan 3G yang ada. Misalnya, pada teknologi High Speed Packet Access atau HSPA-nya, Indosat menambah kapasitas dari 4,6Mb menjadi 14,4Mb. Dan, sekarang ini, papar Teguh, pihaknya tengah mengoptimalisir menjadi 21Mb. Ia juga menyatakan bahwa yang bisa dilakukan saat ini adalah optimalisasi jaringan sebagai antisipasi penambahan pelanggan 3G yang baru.
 
“Meski begitu, teknologi tentu ada batasnya. Secara teknis mungkin bisa dipaksakan. Tetapi, secara availability belum tentu. QoS-nya (Quality of Service) pun berpotensi menurun,” ucap Teguh.
 
Pelanggan 3G Indosat saat ini dilaporkan mencapai sekitar 3,5 juta pelanggan, dengan pertumbuhan 600 persen dibandingkan tahun 2007. “Kalau ada penambahan frekuensi, saya estimasi pertumbuhannya bisa tetap stabil. Tapi, kalau tidak, jumlah pelanggannya hanya bertambah maksimum 100 persen,” ucapnya.

Kementan Gencarkan Pompanisasi dan Olah Tanah serta Percepat Tanam Padi
Nikita Willy dan Indra Priawan

Nikita Willy Ungkap Sifat Asli Indra Priawan Sebelum Menikah

Baru-baru ini, Nikita Willy membuat pengakuan yang cukup mengejutkan tentang sifat asli sang suami, Indra Priawan. Dalam sebuah konten video yang diunggah di YouTube

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024