Wabah Flu Burung Masih Mengancam

VIVAnews - Kalian pasti tahu kan tentang penyakit flu burung? Dalam beberapa tahun ini flu burung menjadi penyakit yang mengerikan di negara-negara Asia termasuk Indonesia.

Penyakit yang disebabkan oleh virus H5N1 ini menimbulkan banyak korban meninggal dunia. Hampir 50 persen orang yang terkena virus flu burung meninggal dunia. Karena itu, penyakit ini sangat berbahaya.

Ternyata, jumlah korban flu burung yang meninggal di negara kita ini ternyata paling tinggi se-Asia Tenggara. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sejak 2003 lalu hingga kini, ada 115 orang yang meninggal akibat flu burung di Indonesia.

Perwakilan WHO di Vietnam, Jean Marc Olive mengatakan semua negara harus bersiaga karena ancaman flu burung akan semakin besar tiap tahunnya.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Sebenarnya, virus H5N1 yang menyebabkan flu burung, menular melalui unggas seperti ayam dan burung kepada manusia. Oleh karena itu ayam-ayam yang mati mendadak harus dimusnahkan dengan cara dibakar agar virusnya tidak menulari manusia. Tapi, kemungkinan penularan juga bisa terjadi antarmanusia.

Agar kalian terhindar dari flu burung, jangan terlalu sering melakukan kontak dengan hewan jenis unggas seperti ayam atau burung. Jika kalian melakukan kontak dengan hewan unggas, langsung cuci tangan dan kaki hingga bersih setelahnya, lalu ganti pakaian kalian.

Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024