Navigasi Rusak, Batavia Air Nyasar

Bandara Supadio Akui Ada Pesawat Telat Datang

VIVAnews - Petugas Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat membenarkan ada pesawat Batavia Air yang mendarat malam tadi. Pesawat yang mengangkut 125 penumpang dan tujuh awak itu diduga mengalami kerusakan navigasi dan menyebabkan salah arah alias nyasar.

"Benar, tadi malam mendarat sekitar pukul sembilan," kata petugas Bandara Supadio, Eti, dalam perbincangan kepada VIVAnews melalui telepon, Sabtu, 28 Februari 2009.

Sebelum mendarat di Bandara Supadio, pesawat Boeing 737-300 itu sempat mengalami salah arah dan mendarat di Ketapang. Jarak antara Ketapang dengan Bandara Supadio adalah sekitar satu jam perjalanan udara.

Nyasarnya pesawat yang berangkat dari Cengkareng, Jakarta sekitar pukul 19.30 WIB kemarin itu, diduga karena mengalami kerusakan pada sistem navigasi dan radio. Sebelum nyasar ke Ketapang, pesawat sempat holding selama 30 menit dan mencoba mendarat sebanyak tiga kali. Tetapi, percobaan mendarat itupun gagal.

Jadwal keberangkatan pesawat itupun sudah molor. Karena seharusnya pesawat itu berangkat pukul 18.30 dan mengalami delay hingga satu jam.

Akhirnya, petugas memperbaiki kerusakan pada radio. Setelah radio diperbaiki, pesawat diarahkan ke Bandara Supadio, Pontianak. Disebutkan juga, pesawat itu akhirnya berhasil mendarat di Bandara Supadio sekitar pukul 21.00 WIB.

Direktur Batavia Air, M Yamin, belum mengetahui adanya informasi kerusakan navigasi yang dialami pesawatnya itu. "Saya sedang cari informasi itu. Biasanya, kalau informasi yang minor itu tidak sampai ke saya," kata M Yamin kepada VIVAnews.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024