Likuiditas Bertambah, SBI Naik

VIVAnews - Likuditas perbankan saat ini melimpah, jika dilihat dari penempatan dana di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang saat ini sebesar Rp 200 triliun. Keketatan likuiditas dikarenakan masih adanya segmentasi antar bank.

"Saat ini dana perbankan sangat likuid," kata Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia Made Sukada di sela-sela pelatihan Bank Indonesia di Bandung, Sabtu 28 Februari 2009.

Menurut dia, hambatan terbesar berasal dari persepsi potensi adanya kredit macet terkait pelaksanaan manajemen resiko (risk management). Hal itu, membuat perbankan lebih selektif memberikan kredit.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Sementara itu, berdasarkan data Bank Indonesia, dana yang ditempatkan dalam SBI pada Desember 2008 sebesar Rp 166,52 triliun.

Dari sisi pertumbuhan kredit, berdasarkan rencana bisnis bank 2009, tahun ini diperkirakan tumbuh 15,6 persen atau di bawah prediksi BI sebesar 18 persen hingga 20 persen. Tahun lalu, pertumbuhan kredit sebesar 30 persen atau pertumbuhan paling tinggi semenjak 10 tahun lalu.

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024