Berenang Semasa Hamil, Bolehkah?

Tanya:
Sejak remaja, saya (28) rutin berenang untuk menjaga tubuh tetap fit. Biasanya, dilakukan 3 kali seminggu selama 1 jam setiap sesinya. Karena sudah kecanduan olahraga ini, meski sedang hamil, saya tetap melakoninya.

Tapi, saya khawatir, apakah aktivitas ini akan membahayakan janin? Jika tidak, sampai usia kandungan berapa, saya diperbolehkan berenang? Apakah ada saran olahraga lain, selain senam hamil, yang bisa saya lakukan?

winxxx@yahoo.com

Jawab:
Semasa kehamilan, berenang boleh saja dilakukan, asalkan durasinya tidak terlalu lama. Pasalnya, jika Anda berenang suhu tubuh akan naik. Sedangkan, suhu janin dalam kandungan 1 derajat lebih tinggi dari suhu tubuh Anda. Takutnya, jika Anda berlama-lama berendam dalam kolam renang, suhu yang meningkat dalam kandungan dapat membahayakan kondisi janin.

Karena itu, dianjurkan durasi berenang cukup 15-20 menit, dan dijalani 2-3 kali seminggu. Agar tidak mengalami cedera tubuh, jangan lupa melakukan pemanasan. Caranya, Anda bisa secara perlahan melakukan peregangan kaki, tangan dan leher di luar mapun di dalam kolam renang.

Selain itu, sebaiknya hindari gaya punggung dan gaya kupu-kupu, karena gerakan-gerakan ini bisa menyebabkan rasa pegal-pegal tubuh usai berenang. Maka itu, gaya berenang yang nyaman dilakukan adalah gaya bebas.

Tapi, yang perlu diingat, ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan ini bila usia kandungan memasuki bulan ke-8. Pasalnya, jika aktivitas ini masih terus dilakoni, takutnya justru akan mempercepat waktu kelahiran. Sebagai olahraga pengganti, selain senam hamil, Anda dapat berjalan kaki selama 20-30 menit, yang dijalani 2-3 kali seminggu. Selamat berolahraga!

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024