Ajinomoto Perluas Pabrik di Mojokerto

VIVAnews - Produsen penyedap rasa (MSG) asal Jepang PT Ajinomoto Indonesia bersiap memperluas pabrik di Mojokerto, Jawa Timur. 

"Baru rencana untuk memperluas sedikit pabrik kami," kata Komunikasi Korporat Ajinomoto Indonesia M Fachrurozy kepada VIVAnews melalui sambungan telepon di Jakarta, Senin 2 Maret 2009.

Menurut Rozy, rencana ini masih dalam studi kelayakan seberapa besar investasi untuk ekspansi itu. Diharapkan pembangunan akan dilakukan dalam satu - dua tahun ke depan. 

Rozy mengatakan, permintaan pasar untuk Ajinomoto setiap tahun mengalami kenaikan. Namun, dia menjelaskan konsumsi masyarakat untuk 

MSG masih kecil dibandingkan China, Jepang, atau Singapura. "Konsumsi per kapita Indonesia cuma 10 gram per hari," kata Rozy.

Fachrurozy mengatakan, industri penyedap rasa hampir tidak terpengaruh krisis global. "Kalau industri makanan minuman karena sifatnya konsumsi primer, permintaan tidak terlalu jatuh," ujarnya.

Ajinomoto hingga saat ini menguasai 30 persen pangsa pasar domestik. "Nomor dua setelah Sasa," katanya. Rozy mengakui sebagian besar produknya dikonsumsi dalam negeri. Ekspor MSG tidak lebih dari lima persen.

Serupa dikatakan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Thomas Darmawan. "Memang Ajinomoto akan mengembangkan pabriknya," kata dia.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Menurut Thomas, beberapa investor Jepang yang bergerak di industri makanan minuman mulai banyak yang tertarik membangun pabrik di Indonesia.

"Beberapa waktu lalu, saya bertemu perwakilan dari Organisasi Perdagangan Eksternal Jepang (Jetro) dan mereka mengatakan akan membawa investor dari Niigata Jepang untuk berdiskusi soal investasi," katanya.

Beberapa dari mereka, Thomas mengatakan, tertarik investasi di pengolahan sake dan pengadaan beras. Ketertarikan investor Jepang, menurut dia, juga dampak dari kerja sama kemitraan Indonesian-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks
Ilustrasi tambal ban mobil.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @Jabodetabek.terkini pada Sabtu, 20 April 2024, terdapat sebuah video memperlihatkan mobil Toyota Avanza kehilangan ban.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024