Perbankan Perlu Regulasi Baru

VIVAnews - Perbaikan regulasi yang mengatur sistem keuangan perlu segera diterapkan menyusul banyaknya manfaat sistem keuangan syariah.
 
Direktur Utama Bank Muamalat Riawan Amin mengatakan, sistem keuangan Islam merupakan cara mitigasi untuk mengatasi krisis keuangan global. Prinsip keuangan konvensional yang melindungi perbankan dalam negeri seperti di Amerika Serikat, justru merugikan masyarakat. 

"Dalam keuangan Islam, tidak boleh memperjualbelikan utang," kata Riawan di Jakarta, Selasa 3 Maret 2009. "Jika ini tidak diterapkan, tidak akan krisis subprime mortgage."
 
Amin menegaskan, sistem keuangan syariah berasal dari Islam tetapi brelaku untuk siapa saja. Melalui sistem tanpa bunga, perekonomian bisa lebih kebal dibandingkan dengan sistem ekonomi konvensional.

Kepala Eksekutif Korporat Ithmaar Bank Bahrain Michael P Lee menyatakan, yang paling penting bukan dari segi pengaturan regulasi yang ada di negara. "Penilaian risiko yang mempertaruhkan orang lain serta perpindahan risiko dari perbankan harus menjadi pertimbangan," katanya.
 
Menurut Lee, dalam mengelola dana publik manajemen risiko harus berdasarkan prinsip-prinsip etis. "Bukan hanya regulasi saja, tetapi institusi menerapkan prinsip kehati-hatian," tuturnya.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024