Pendapatan Standard Chartered Naik 26%

VIVAnews - Standard Chartered PLC sepanjang tahun 2008 membukukan kenaikan pendapatan sebesar 26 persen menjadi US$ 13,97 miliar. 

Standard Chartered mencatat kenaikan laba operasional sebelum pajak sebesar 13 persen menjadi US$ 4,57 miliar.

Kepala Eksekutif Korporat Grup Standard Chartered Peter Sands mengatakan, hampir 80 persen pertumbuhan pendapatan berasal dari pertumbuhan organik perusahaan. “Ini keberhasilan yang diraih dalam situasi ekonomi sulit, khususnya pada paruh kedua 2008,” kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa 3 Maret 2009.

Peter mengatakan, pada paruh pertama 2008, perusahaan berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi kuat di berbagai pasar utama dunia. Ini didukung arus perdagangan regional yang baik. Namun, pada paruh kedua, kinerja perusahaan terkena dampak kriris global yang berpengaruh pada ekonomi riil di seluruh dunia. 

Standard Chartered mencatat peningkatan jumlah nasabah sebesar 31 persen pada 2008, di mana sebagian besar terjadi pada kuartal terakhir saat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga keuangan menurun. 

Keberhasilan ini didukung likuiditas yang baik seperti menguatnya neraca keuangan perusahaan. Selain itu, penerbitan rights issue pada Desember, membuat likuiditas Grup membaik.

Menurut Peter, sebagian besar pasar Standard Chartered berhasil membukukan kinerja keuangan yang baik. Tujuh dari sembilan pasar mencatat pendapatan lebih dari US$ 1 miliar pada sepanjang 2008. 

Singapura mencapai peningkatan laba operasional sebelum pajak sebesar 67 persen, India 37 persen, Timur Tengah dan Asia Selatan Lainnya 25 persen, Korea 10 persen, dan Afrika 5 persen. 

Sedangkan Hong Kong mengalami penurunan tingkat pendapatan operasional sebesar 15 persen pada paruh kedua.

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania
Perlintasan Kereta Api Sebidang Tanpa Palang Pintu

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Pemudik Lebaran 2024 diimbau berhati-hati saat melintas perlintasan kereta api (KA) di Brebes. Karena dari 51 perlintasan yang ada, terdapat 19 perlintasan yang tidak dil

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024