Pemilu Menguras Kocek Nurul Arifin

VIVAnews - Menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat membuat kantong artis Nurul Arifin mengempis. Politisi Partai Golkar itu menilai, maju dari kawasan non-perkotaan lebih besar ongkosnya daripada maju dari kawasan perkotaan.

Nurul memang maju sebagai calon nomor urut 1 dari daerah pemilihan Jawa Barat VII yang terdiri dari Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bekasi. Konstituen yang umumnya bukan warga perkotaan itu berbeda karakternya dengan warga perkotaan.

"Pemilih di kota karakternya rasional sedangkan di daerah sifatnya tradisional dan irasional," kata Nurul Arifin di sela-sela acara Rembug Nasional Perempuan di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa 3 Maret 2009.

Pemain dalam film legendaris Naga Bonar itu mengatakan pemilih yang rasional cenderung kritis terhadap program-program yang dibawa para calon. Pemilih yang berada di daerah yang bersifat tradisional cenderung memilih berdasar ikatan partai.

Sedangkan yang irasional lebih parah lagi, mereka cenderung pada berapa banyak uang yang dibawa oleh caleg. "Sehingga kebutuhan dana calon yang berada di daerah pemilihan perkotaan lebih sedikit dari kami yang berasal dari daerah," kata istri dari Mayong Suryolaksono itu.

Dan daerah pemilihannya, daerah pemilihan Jawa Barat VII, termasuk kategori daerah yang masyarakat pemilihnya masih tradisional dan irasional. "Sehingga lumayan juga pengeluarannya," katanya tersenyum.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024