Kompetisi Terancam Molor

VIVAnews – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI)terus bersinergi dengan Kepolisian Negara Repulik Indonesia (Kapolri). Melalui Badan Liga Indonesia (BLI), PSSI mencoba mencari formulasi baru bagi sisa pertandingan di putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 dan Copa Indonesia 2008/2009.

Langkah yang ditempuh oleh PSSI dan kepolisian ini untuk mencari jalan tengah terhadap kelangsungan kompetisi terkait dengan penyelenggaraan pemilihan umum yang akan digelar tahun ini. Direktur Bidang Kompetisi BLI, Joko Driyono mengatakan  sampai saat ini belum ada kesepakatan apapun dengan pihak Polri.

Sejauh ini kedua belah pihak masih melakukan pembicaraan-pembicaraan mengenai formulasi baru sisa kompetisi nasional. ”Komunikasi masih terus dijalankan. Namun belum ada keputusan apapun dari pihak kepolisian,” kata Joko saat dihubungi VIVAnews, Selasa, 3 Maret 2009.

Joko menambahkan, setidaknya ada tiga pilihan formulasi yang diajukan oleh pihak kepolisian terkait  pemilu 2009. Pertama pemindahan venue pertandingan ke luar Jawa. Pilihan kedua adalah menggelar sisa pertandingan tanpa kehadiran penonton. Sedangkan pilihan ketiga menggeser jadwal kompetisi.

”Pilihan ketiga itu adalah pilihan terburuk. Kalau sampai itu terjadi, saya pikir klub-klub yang ada akan mengalami kerugian,” kata Joko.

Cak Imin soal PKB Gabung ke Pemerintahan Prabowo: Alhamdulillah, Semuanya Smooth!

BLI sendiri berharap PSSI dan kepolisian bisa secepatnya mendapat jalan tengah. Paling tidak, 10 Maret 2009, pihak kepolisian sudah memberikan jawaban terhadap status sisa pertandingan yang ada di LSI maupun Copa Indonesia.

”Klub-klub di daerah juga sudah kami minta untuk berkoordinasi dengan pihak keamanan di daerahnya masing-masing. Dan kami berharap, 6 Maret ini sudah ada jawaban dari mereka,” tandas Joko.

PSSI akhirnya menemui Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk membicarakan kelanjutan kompetisi nasional. Kedua pihak sudah sepakat bersinergi dalam menjalankan kewajiban masing-masing terkait dengan pesta demokrasi yang akan digelar tahun ini.

Belakangan ini PSSI memang dipusingkan dengan tidak terbitnya izin beberapa pertandingan yang masuk dalam agenda kompetisi nasional. Bahkan baru-baru ini, Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat memutuskan untuk tidak mengeluarkan izin bagi pertandingan sepakbola selama masa kampanye.

Tak ingin kebijakan ini mengganggu jalannya kompetisi, PSSI memutuskan untuk bertemu dengan Polri. Pertemuan berlangsung di Markas Besar (Mabes) Polri, Jl Trunojoyo No 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 2 Maret 2009 mulai pukul 10.00-12.30 WIB. Dari hasil pertemuan itu, kedua pihak sepakat untuk diadakan pembahasan lebih lanjut dan mengerucut.

Dalam hal ini, PSSI menunjuk BLI sebagai perwakilannya. Sedangkan Mabes Polri diwakili oleh Direktur C Badan Intelejen Mabes Polri, Irjen Pol Muji Waluyo.

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda
Elon Musk.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Imbas dari merosotnya kekayaanya Elon Musk tersebut kini mengalami penurunan kekayaan dari daftar orang terkaya di dunia dari posisi sebelumnya kedua kini menjadi ketiga.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024