Komputer Desktop

Mac Mini Profit Maksi

VIVAnews - Apple hari ini mengupdate jajaran produk komputer desktopnya. Salah satu seri produk yang mendapat pembaruan adalah jajaran Mac mini.

Pada Mac mini terbaru, Apple meningkatkan spesifikasi komputernya. Sebagai contoh, kalau dulu prosesor yang digunakan adalah Core Solo berkecepatan 1,5 sampai 1,83GHz (bisa diupgrade dengan prosesor Core 2 Duo), Mac Mini terbaru sudah menggunakan prosesor Core 2 Duo sebagai spesifikasi default. Kalau dulu grafis yang digunakan adalah Intel GMA 950, kini Apple menanamkan chip Nvidia GeForce 9400M yang lebih baik performanya. Penggunaan chip Nvidia di Mac Mini juga membuat Apple memanfaatkan teknologi Nvidia di seluruh jajaran komputernya.

Menurut informasi yang VIVAnews kutip dari BusinessWeek, 4 Maret 2009, Mac Mini sendiri merupakan jajaran produk termurah dari Macintosh. Seharusnya, produk di jajaran ekonomis merupakan produk yang tidak memberikan profit besar bagi produsennya. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk Mini. Kenapa?

Produk Mac Mini yang memiliki RAM 1GB dan harddisk berkapasitas 120GB mencapai 599 dolar AS. Harga itu memberikan profit yang cukup besar bagi produsen komputer dengan spesifikasi tersebut. Di sini terlihat Apple ingin mencari keuntungan dan tidak berminat untuk menjual produk terjangkau yang akan laris manis.

Yang lebih menarik adalah model yang dijual seharga 799 dolar AS. Harga 200 dolar tambahan itu merupakan ongkos yang perlu dibayar penggunanya untuk menambahkan ekstra memori 1GB dan kapasitas harddisk yang dua kali lipat.

Saat ini, harga retail untuk menambahkan 1GB memori tidak sampai 30 dolar, sedangkan selisih harga harddisk berkapasitas 160 dengan 320GB hanya sekitar 40 dolar. Padahal, Apple sendiri tentu tidak membeli dengan harga retail dari produsen, dan diperkirakan upgrade dua komponen itu hanya memakan biaya antara 25 dan 50 dolar saja. Tetapi, pengguna yang membutuhkan Mac mini dengan spesifikasi RAM 2GB dan harddisk 320GB perlu menambah 200 dolar dibanding varian yang memiliki RAM 1GB dan harddisk 320GB.

Selisih harga jual 200 dolar untuk upgrade seperti itu merupakan hal yang luar biasa bagi produsen komputer lain. Hanya Apple yang bisa melakukannya.

Whoosh Train Passengers Increase on Eid al-Fitr Day Two
Ganjar Pranowo, Jokowi dan Megawati Soekarnoputri

Soal Pertemuan Jokowi-Megawati, Istana: Presiden Terbuka untuk Bersilaturami

Meski Pemilu 2024 usai, hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri diduga masih merenggang dan belum ada tanda membaik.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024