Survei Cakrawala Nusantara Consultant

Yudhoyono Menang di Kandang Sultan

VIVAnews - Elektabilitas Susilo Bambang Yudhoyono di Yogyakarta ditemukan lembaga survei Cakrawala Nusantara Consultant lebih tinggi daripada Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sementara Jusuf Kalla gagal menembus tiga besar dalam survei yang digelar 17-21 Februari 2009 itu.

"Waktu survei itu Jusuf Kalla belum mendeklarasikan diri jadi calon presiden," kata Direktur Utama Cakrawala Nusantara Consultant, Budi Santoso, dalam jumpa pers di Wisma Kagama, Yogyakarta, Kamis 5 Maret 2009.

Setelah Yudhoyono, Sultan di posisi kedua dan Megawati Soekarnoputri di posisi tiga. Tanpa memasukkan responden yang belum menentukan pilihan dan tidak memilih, Yudhoyono mendapat 42,7 persen, Sultan 33,9 persen dan Megawati 15,22 persen.

Namun Sri Sultan merupakan wakil presiden paling populer. Berikut tiga tokoh yang paling populer menjadi calon wakil presiden:
1. Sri Sultan Hamengku Buwono X 38,78 persen;
2. Jusuf Kalla 27,52 persen; dan
3. Hidayat Nur Wahid 9,30 persen.

Menariknya, meski man-to-man kalah melawan Yudhoyono, ketika Sultan berduet dengan Hidayat Nur Wahid sebagai calon presiden dan wakil presiden, mampu mengalahkan pasangan incumbent Yudhoyono-Kalla. Tanpa melibatkan responden yang belum menentukan pilihan, duet Sultan-Hidayat meraup 26,21 persen, Yudhoyono-Kalla 20,32 persen dan Megawati-Sultan 17,67 persen.

Survei ini melibatkan 1.065 responden yang telah memiliki hak pilih di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Responden diambil berdasarkan multistage propability ratified random sampling. Margin of error lebih kurang tiga persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Laporan Rahardian | Yogyakarta

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali
Gunakan Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Dump Truk

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Rasa senang bisa memiliki sepeda motor baru untuk ke sekolah, justru berbuah petaka dialami Faizal Hadi Winata, seorang pelajar SMA Negeri 2 Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024