Tingginya Suhu di Bandung Akibatkan Hujan Es

VIVAnews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Bandung membenarkan terjadinya hujan es di wilayahnya. Kepala BMKG Bandung Jaya Murjaya mengatakan, kejadian tersebut hanya bersifat insidental sesaat saja.

Itupun hanya terjadi di sebagaian atau wilayah tertentu saja. "Tidak seluruhnya terjadi hujan es, itu tergantung suhu di wilayah tersebut," kata Jaya Murjayasaat di hubungi VIVAnews, Kamis 5 Maret 2009.

Menurut Jaya, kejadian itu juga diakibatkan oleh tingginya suhu diwilayah kota Bandung saat ini. Sehingga awan kontektif, dan terjadi penguapan yang cukup kuat yang melebihi batas lapisan pembekuaan. "Jadi es yang sudah membentuk diatas kemungkinan tidak mencair seluruhnya," ujarnya.

Karena itulah munculnya fenomena alam yang berakibat hujan es di beberapa tempat. Selain itu terjadinya huja es pun, diperkirakan oleh posisi matahari yang saat ini telah persis diatas Pulau Jawa. Sehingga cuaca panas melebihi dari rata-rata normalnya.

Hujan yang mengguyu kota Bandung sejak siang tadi, mengakibatkan ruas jalan tergenang dan menyebabkan kemacetan. 

Laporan: Sigit Zulmunir | Bandung

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024