Kasus Pembunuhan Munir

YLBHI: Ada Upaya Menutup Kasus Munir

VIVAnews - Dukungan atas penuntasan kasus pembunuhan aktivis hak asasi manusia, Munir, disuarakan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Bersama 14 lembaga bantuan hukum daerah, YLBHI mendesak Presiden Yudhoyono bertindak.

"Sebagai pimpinan tertinggi, presiden harus memerintahkan Kapolri dan Jaksa Agung untuk bekerja maksimal dalam menuntaskan kasus Munir," kata Ketua YLBHI, Patra M Zen di kantor YLBHI di Jalan Diponegoro, Jakarta, Jumat 6 Maret 2009.

Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan polisi dan jaksa. "Walaupun saat ini Kejagung melakukan upaya hukum kasasi, pekerjaan masih banyak yang perlu diselesaikan. Nama-nama yang muncul dipersidangan Pollycarpus dan Muchdi PR perlu ditindaklanjuti," kata.

Presiden, lanjut dia, harus memerintahkan Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN untuk memberikan komitmen ulang terhadap kasus Munir. "Mahkamah Agung juga harus memeriksa dan memutuskan kasasi secara independen dan imparsial, serta tidak terpengaruh dengan upaya intervensi dan menekan pengadilan," lanjut dia.
 
Desakan atas pengusutan kasus Munir penting dilakukan. Menurut Para ada upaya-upaya untuk menghilangkan atau menutup kasus Munir. "Orang-orang yang terlibat pembunuhan Munir melakukan kampanye untuk menghentikan pengusutan kasus Munir," tambah dia.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis bebas Muchdi Pr. Majelis hakim menyatakan Muchdi tidak terbukti dalam kasus pembunuhan Munir. Atas putusan ini jaksa mengajukan kasasi.

Dalam kasus pembunuhan Munir, Mahkamah Agung sudah memvonis mantan pilot Garuda Indonesia, Pollycarpus Budihari Priyanto, selama 20 tahun penjara. Majelis yang terdiri dari Bagir Manan, Parman Soeparman, Djoko Sarwoko, Paulus E Lotulung, dan Harifin Tumpa menyatakan Polly terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap aktivis HAM, Munir.

Selain itu, Mahkamah juga sudah memvonis Sekretaris Chief Pilot Airbus A330 PT Garuda Indonesia, Rohainil Aini, selama satu tahun penjara. Rohainil terbukti membuat surat palsu untuk penerbangan Polly ke Singapura.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024