McMahon: Peluang Liverpool Habis di Liga

VIVAnews – Peluang Liverpool menjuarai Liga Inggris (Premier League) musim ini nyaris tertutup. Namun, tim berjuluk The Reds itu punya peluang besar merajai Liga Champions 2009.

Demikian prediksi mantan kapten Liverpool dan Everton, Steve McMahon, yang disampaikan kepada wartawan di sela-sela acara Seminar Strategic Sports Inverstment di Hotel Santika, Jakarta, Jumat 6 Maret 2009.

Menurut Steve, perjalanan Liverpool di pentas liga penuh dengan rintangan. Mulai dari cedera pemain hingga banyaknya kekalahan yang diderita selama ini. Dalam kondisi seperti ini, Liverpool dipastikan bakal kesulitan mengimbangi dua rival utamanya, Chelsea dan Manchester United.

Saat ini, Liverpool berada di peringkat 3 klasemen sementara Premier League dengan total 58 poin dari 28 kali pertandingan. Koleksi poin The Reds sama dengan Chelsea: 58 poin dari 28 pertandingan. Tapi, Steven Gerrard cs kalah selisih gol dari Chelsea.

Posisi puncak klasemen masih diduduki Manchester United dengan 65 poin dari 27 kali pertandingan. “Jarak Liverpool dengan tim di atasnya (United) terlalu jauh. Jadi untuk merebut trofi di liga musim ini saya pikir sudah tidak mungkin lagi,” kata Steve.

Liga Champions

Meski terpuruk di liga, Steve punya keyakinan pasukan Rafael Benitez mampu berjaya di Liga Champions. Bahkan, dengan kondisi yang ada saat ini, Fernando Torres cs masih memiliki peluang untuk lolos ke babak final.

”Liga Champions dan Premier League sangat berbeda. Di liga, pertandingan lebih panjang dan menguras energi. Sedangkan di Liga Champions hanya ada beberapa pertandingan yang harus dilalui. Dan menurut saya, Banitez cukup ahli untuk membawa tim tampil di pentas internasional,” kata Steve.

Perjalanan Liverpool di Liga Champions memang masih mulus. Di leg 1 babak 16 besar, The Reds berhasil mengalahkan raksasa Spanyol, Real Madrid 1-0. Untuk tampil di babak 8 besar, Liverpool hanya butuh menahan imbang Real pada leg 2 yang akan digelar di Anfield, 10 Maret 2009.

”Saya tidak terkejut Liverpool bisa mengalahkan Real Madrid di leg 1. Liverpool pada pertandingan itu memang lebih baik. Benitez sudah cukup piawai untuk event internasional. Saya pikir Liverpool punya peluang masuk ke final,” tandas Steve.

Steve McMahon merupakan pemain yang lama merumput di Liga Inggris. Pria bernama lengkap Stephen Joseph McMahon itu mengawali karir di Everton 1979-1983. Di sana dia sempat memegang ban kapten.

Pemain tengah ini selanjutnya berlabuh di Aston Vila (1983-1985) sebelum akhirnya memutuskan hengkang ke Liverpool pada 1985. Selama enam tahun memperkuat The Reds, Steve berhasil membawa Liverpool meraih trofi Liga Inggris tiga musim berturut-turut: 1985/1986, 1987/1988, dan 1989/1990.

Setelah pensiun dari sepakbola, Steve memilih jalur karir sebagai komentator di saluran olahraga ESPN. Selain itu, pria berusia 47 tahun itu juga menjabat sebagai Strategic Global Investment di Profitable Group.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024