Mahasiswa Indonesia Tewas di Singapura

Bimbingan Konseling Sepi Peminat

VIVAnews - Hidup jauh dari keluarga bisa menimbulkan rasa sepi dan cemas, tak terkecuali mahasiswa asing yang belajar di Singapura. Menurut ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Singapura, Fariz Setyadi hal itu sudah disadari oleh Universitas Nanyang.

Demikian pula dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Baik KBRI maupun universitas menyediakan pelayanan konseling. Namun, kata Fariz, layanan itu sepi peminat. "Padahal mereka pasti siap menyediakan konsultasi bila mahasiswa Indonesia menghadapi masalah," kata dia kepada VIVAnews, Jumat 6 Maret 2009.

Ditambahkan Fariz, minat mahasiswa untuk mendapat bimbingan konseling harus ditingkatkan. "Namun kami memang merasa mandiri, kalaupun ada masalah hanya diceritakan ke teman-teman," kata mahasiswa jurusan mesin dan penerbangan Universitas Nanyang itu.

Jumlah total mahasiswa Universitas Nanyang sekitar dua puluh ribu orang, sekitar enam ratus diantaranya adalah mahasiswa asal Indonesia. Sembilan puluh persen mahasiswa Indonesia kuliah dengan beasiswa dari pemerintah Singapura maupun perusahaan-perusahaan Singapura. Dan ada ikatan kerja. Pihak universitas hanya membantu mendistribusikan dana beasiswa tersebut

Media masa Singapura mengatakan David nekat menusuk dosennya, Chan Kap Luk dan bunuh diri karena ada masalah dengan beasiswa yang diterimanya. Belum lagi ada fakta yang menunjukkan bahwa prestasi alumni SMAK 1 BPK Penabur itu menurun. Dan itulah yang menjadi salah satu penyebab beasiswa David diputus.

Menurut keluarga, justru Davidlah yang menjadi korban kekerasan. Kakak David, William Widjaja (23) menduga David adalah korban kekerasan seksual. "Saya yakin David dianiaya. Kita akan cari bukti kalau David mengalami kekerasan seksual," kata William kepada VIVAnews, Kamis 5 Maret 2009.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat Bimtek Anggota DPRD se-Banten-DKI Jakarta

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, siap untuk berada pada 2 posisi di pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, yakni oposisi atau koalisi. Mana yang baik?

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024