Indonesia-Korea ICT Forum Digelar

VIVAnews -- Hari ini Ministry of Knowledge Economy Korea bekerja sama dengan Menkominfo menggelar acara Indonesia-Korea ICT Forum. 

Acara yang digelar di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Sabtu 7 Maret 2009, itu dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh. 

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), kata Nuh, telah membuat orang dapat selalu terhubung kapanpun, dimanapun, dengan siapapun. Oleh karenanya kata Nuh, kerjasama di bidang ini memang sangat diperlukan.

"Acara ini harus dipandang sebagai ajang penting untuk pertukaran ide dan sharing informasi di bidang teknologi," kata Nuh. 

Apalagi, Korea Selatan adalah negara kedua tercanggih di dunia, yang menggunakan teknologi ICT di negaranya. Sementara Indonesia kata Nuh, adalah negara keempat di dunia, yang memiliki perkembangan tercepat dalam hal pemakaian teknologi informasi

Di ajang tersebut diperkenalkan beberapa teknologi mutakhir di bidang ICT yang telah diterapkan terlebih dahulu di Korea. yakni teknologi Digital Multimedia Broadband (DMB), WiBro (Wireles Broadband - pengembangan dari WiMax), serta Internet Protocol-TV (IP-TV).

DMB atau T-DMB (Terestrial DMB) adalah teknologi penyiaran video dan multimedia yang berbasis pada standar penyiaran radio digital (Digital Audio Broadcasting). Dengan teknologi, seseorang dapat menikmati layanan TV mobile digital lewat ponsel mereka, selain dari layar TV.

Menurut Jong Ho Baik, Direktur Korean Electronics Technology Institute, produk-produk teknologi ini telah tersedia secara komersial Korea, Jerman, dan Cina. "Hingga Mei 2007, piranti penerima DMB telah terjual hingga 5,33 juta unit."

Sementara WiBro adalah teknologi nirkabel pita lebar yang mirip dengan WiMax (Worldwide Inter-operability for Microwave Access) yang juga sedang dikembangkan di Indonesia. 

Teknologi ini mirip dengan prinsip WiFi, dengan daya jangkau hingga beberapa kilometer dan kecepatan transfer hingga 18 MBps.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

"Teknologi ini sudah diaplikasikan ke berbagai negara seperti Korea, Kroasia, Italia," ujar Kwak Yeonmee, Manager, Marketing Group Telecommunication Systems Division, Telecommunication Business, Samsung Electronics Co.

Adapun IP-TV adalah teknologi TV melalui jaringan internet, yang menawarkan keunggulan dari TV biasa, dari segi interaktivitas dan fleksibilitas serta layanan tambahan lain.

Misalnya, adanya layanan Video on Demand (siaran TV berdasarkan tema yang dipesan), voting, atau komentar-komentar terhadap konten video.

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024