Motherboard Intel

CrossFire dan SLI di nForce 740i

VIVAnews - Asrock, perusahaan produsen motherboard yang dibentuk oleh Asus untuk bermain di segmen ekonomis sering menghadirkan produk nyeleneh. Contohnya motherboard yang mendukung DDR dan DDR2, AGP dan PCI Express, prosesor AMD soket 754 atau 939, sampai motherboard yang bisa dipasangi prosesor AMD atau Intel dengan card tambahan.

Kini produsen asal Taiwan itu menghadirkan inovasi nyeleneh terbaru. Sebuah motherboard berchipset Nvidia tapi mendukung CrossFire. Adapun seri motherboard yang bersangkutan adalah ASRock N7AD-SLI yang dihadirkan di pameran CeBIT, Hannover, Jerman yang berlangsung 3 sampai 8 Maret 2009 kemarin.

Chipset nForce 740i SLI yang ditujukan bagi platform ekonomis Intel berbasis nVidia itu dari awalnya memang sudah mendukung dua kartu grafis yang dapat bekerjasama dalam modus SLI. Tetapi, menggunakan BIOS terbaru yang khusus dibuat ASRock, pada motherboard itu kini dapat dipasangki dua kartu grafis ATI Radeon dengan opsi CrossFire yang di-enable.

Screenshot yang dibuat oleh hardware-aktuell.com berikut ini mendemonstrasikan ASRock N7AD-SLI yang sedang menjalankan modus CrossFire dengan dua buah kartu VGA Radeon HD 4800 Series. Dari tampilan layar itu juga terlihat driver ATI Catalyst menganggap chipset Nvidia pada motherboard itu masuk kualifikasi untuk menjalankan multi GPU dari AMD.

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

CrossFire pada motherboard nForce ASRock

ASRock N7AD-SLI sendiri mendukung soket LGA 775 untuk prosesor seperti Intel Core 2 Extreme, Core 2 Quad, Core 2 Duo, Pentium Dual Core, Celeron Dual Core, atau Celeron. Dua slot PCI Express X16 yang tersedia salah satunya hanya berjalan di modus X8.

Menurut informasi yang VIVAnews kutip dari Softpedia, 9 Maret 2009, sistem Nvidia yang menjalankan CrossFire itu mengalami peningkatan kinerja pada aplikasi 3DMark06 yang dijalankan. Softpedia juga menyebutkan bahwa ASRock sedang mengembangkan BIOS untuk beberapa tipe motherboard lainnya agar seluruh produk berbasis nForce mendukung CrossFire dan CrossFireX.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024