Perkawinan Bermasalah, Picu Penyakit Istri

VIVAnews - Saat pernikahan diterpa masalah, suami dan istri memang sama-sama akan depresi. Namun sebuah studi yang diumumkan di tengah pertemuan Masyarakat Psikosomatis Amerika di Chicago, Kamis 5 Maret lalu, menunjukkan hanya perempuanlah yang cenderung menderita masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penumpukan lemak di perut, maslah jantung, dan diabetes akibat problem pernikahan.

"Hubungan yang buruk seperti racun bagi seluruh kesehatan Anda," kata kardiolog Nieca Goldberg, direktur medis program jantung perempuan Universitas New York seperti ditulis laman Health.com.

Para peneliti Universitas Utah mengamati 276 pasangan untuk mengetahui apakah depresi akibat kegagalan pernikahan menyebabkan penyakit. Pasangan-pasangan ini rata-rata sudah menikah selama 27 tahun. Usia responden bervariasi mulai 32 hingga 76 tahun.

Aspek-aspek yang diteliti antara lain tingkat konflik, ketidaksepahaman, dan pertengkaran. Sebanyak 27 persen istri dan 22 persen suami tidak puas dengan pernikahan mereka.

Para peneliti menemukan hubungan buruk berpengaruh pada kesehatan perempuan. Selain menderita depresi, para perempuan ini juga mengalami kesulitan metabolisme, kolesterol tinggi, dan semua gejala yang dapat berujung pada serangan jantung atau diabetes.

"Sementara masalah pernikahan tidak berdampak pada kesehatan fisik para lelaki, pengaruhnya hanya pada segi emosional," ujar mahasiswa S3 psikolgi klinis Universitas Utah, Nancy Henry.

Studi ini tidak menganjurkan perceraian sebagai cara memperbaiki kesehatan. Henry mengatakan banyak faktor selain pernikahan yang dapat mempengaruhi kesehatan perempuan. "Pernikahan hanya bagian kecil, sekarang pertanyaannya apakah kita mau mengobati secara sebagian atau keseluruhan," ujar Henry.

Goldberg mengatakan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah stres akibat masalah pernikahan. Ia menyarankan perempuan untuk tinggal di lingkungan yang mendukung dan membagi tugas dengan orang lain.

Goldberg juga menyarankan olahraga untuk mengurangi tekanan. "Atau jika Anda benar-benar membutuhkan, coba lakukan konseling, bicara pada orang lain," kata dia.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024