Mengenal Gejala Kanker Usus

VIVAnews - Banyak orang tidak menyadari bahaya kanker usus. Padahal kanker ini paling banyak menyerang mereka yang tidak merokok. Di Amerika Serikat, terdapat 36.000 pasien kanker usus dan sebanyak 16.000 orang meninggal setiap tahun akibat penyakit ini.

Sebagian besar orang pernah mengalami gangguan usus dan tidak semuanya merupakan gejala kanker. Namun jika Anda khawatir terkena penyakit ini, sebaiknya segera hubungi dokter penyakit dalam.

Kanker usus menyerang satu dari 10 keluarga, atau satu dari 18 orang bisa terkena kanker usus. Setiap tahun, jumlah kematian yang disebabkan kanker usus lebih banyak daripada gabungan kematian akibat kanker payudara dan kanker rahim.

Padahal, jika diketahui sejak dini, kanker usus merupakan kanker yang paling mudah dicegah dan diobati. Berikut beberapa gejala kanker usus yang harus diwaspadai seperti ditulis laman Health.com:

Pertama
, perubahan kondisi usus yang berlangsung selama beberapa minggu dan tidak kembali ke kondisi normal.

Kedua
, mondar-mandir ke kamar kecil lebih sering dari biasanya.

Ketiga
, diare yang disertai darah.

Keempat
, pendarahan pangkal usus tanpa penyebab jelas.

Kelima
, pria yang mendadak mengalami kekurangan zat besi dalam darah harus segera melakukan pemeriksaan kanker usus. Begitu pula perempuan yang mengalami anemia saat sudah memasuki masa menopause.

Keenam
, ada benjolan di perut yang bisa dirasakan dokter.

Ketujuh
,  sakit perut (kolik) mendadak dan bertahan lama.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024