Usir Kantuk di Kantor

VIVAnews - Sering menguap saat bekerja, terutama selepas makan siang? Jika iya, Anda tidak sendirian. Banyak pekerja yang mengalami kondisi ini. Menurut Dr. Judith Wurtman, ahli gizi dan peneliti dari MIT nutrition, asupan karbohidrat berlebihan saat makan siang bisa menjadi biang keladi rasa kantuk mudah menyerang.

Selain itu, kurang minum air putih menyebabkan dehidrasi dapat menguras energi tubuh. Sehingga tubuh mudah lelah. Sulit tidur di malam hari, juga bisa mengakibatkan, Anda mengantuk pada siang harinya.

Karena itu, sebelum kinerja Anda menurun lantaran tak bisa menahan kantuk saat bekerja, coba solusi berikut ini!

- Pilih makan siang yang kaya protein. Untuk menaklukkan rasa kantuk, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat saat makan siang, karena bisa mendongkrak seretonin, yang bisa membuat tubuh lemas.

Sebaiknya, makanan yang kaya kandungan protein, seperti daging merah, daging ayam, dan ikan laut seperti sarden, di tambah kacang polong, menjadi pilihan makan siang. Sebab, bisa membangkitkan energi karena mengandung zat besi. Barengi dengan minum jus buah, karena membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik dan kandungan bioflavonid dalam buah juga mampu menyerap kandungan gizi lainnya.

- Perbanyak asupan air putih. Dehidrasi bisa menurunkan kinerja beberapa organ tubuh, terutama otak, ginjal, dan kulit. Tambahan cairan untuk tubuh, selain dari air putih, juga bisa dari jus buah, dan the.

Jangan malas mengambil air minum di pantry. Aktivitas ini tidak hanya bisa meregangkan otot, tapi dengan bergerak dapat meningkatkan asupan oksigen di otak Anda..

- Ngemil buah-buahan sebelum presentasi.
Bila Anda akan melakukan presentasi di siang hari, cobalah ngemil jeruk atau makanan lain yang kaya kandungan vitamin C, 15 menit sebelum acara. Sebuah hasil penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sebelum menghadapi situasi menegangkan, umumnya memiliki kadar tekanan darah lebih rendah.

- Minum segelas cokelat hangat. Agar energi yang terkuras setelah bekerja bisa terdongkrak lagi, cokelat hangat bisa jadi minuman di sore hari. Karena mengandung  sedikit kafein, cokelat bisa menjadi stimulan agar tubuh kembali segar. Sebagai teman di sore hari, Anda juga bisa makan camilan pisang atau ubi rebus.

- Gunakan tangga dan ’libur’ dulu menggunakan elevator. Jika Anda merasa lelah dan mengantuk, cobalah berjalan sekitar 10-15  menit. Cara ini bisa mengembalikan semangat kerja Anda.

- Tidur sejenak sekitar 15-20 menit.
Aktivitas ini bisa Anda lakukan jika kantor memiliki ruang rehat. Jika rasa kantuk sudah tak bisa ditahan, trik satu ini bisa dicoba. Asalkan jangan sampai kebablasan. Pasang alarm di ponsel Anda. Setelah itu, tubuh pasti terasa segar kembali. 

- Tidur minimal delapan jam sehari. Tidur cukup bisa mengembalikan energi tubuh dan otak. Setelah tidur nyenyak, Anda tidak akan mendengkur di meja kerja.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?
Kendaraan melintasi ruas jalan Tol Cipali-Palimanan (Cipali), di Purwakarta

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Astra Infra selaku pengelola ruas jalan tol siap menghadapi peningkatan arus kendaraan yang ingin melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024