Aliran Dana BI

Paskah Minta Rusli Koordinasi Dengan Anthony

VIVAnews - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Paskah Suzetta pernah meminta Rusli Simanjuntak untuk melakukan koordinasi dengan Anthony Zeidra Abidin. Koordinasi terkait dengan dana sosialisasi penyelesaian Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dan amandemen Undang-Undang Bank Indonesia.

Demikian disampaikan Rusli Simanjuntak saat bersaksi di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, Selasa 10 Maret 2009.  Rusli tengah bersaksi dalam kasus dugaan korupsi aliran dana Bank Indonesia di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Ia bersaksi untuk empat terdakwa mantan Deputi Gubernur BI. Mereka adalah Aulia Tantawi Pohan, Maman Soemantri, Bun Bunan Hutapea dan Aslim Tadjuddin.

Menurut Rusli, Paskah mengatakan hal itu dalam pertemuan di Hotel Le Meridien Jakarta pada 2005. Dalam pertemuan itu, tambahnya, hadir juga Burhanuddin Abdullah, Lukifathul, Lukman Bunyamin dan Hamka Yandhu.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Koordinasi dilakukan pasca hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) soal aliran dana BI ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dana yang akan dikoordinasikan sejumlah Rp 31,5 miliar yang berasal dari dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI). Aliran uang itu ke anggota dewan diserahkan secara bertahap.

"Saat itu, Paskah mengatakan hanya menerima Rp 24 miliar," kata mantan Kepala Biro Gubernur BI itu dihadapan Majelis Hakim Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi.

Uang itu merupakan hasil keputusan Rapat Dewan Gubernur tanggal 3 Juni 2003. Rusli mengaku diminta Aulia Pohan untuk berkoordinasi dengan Anthony karena Anthony adalah Ketua Sub Komisi Perbankan yang berhubungan dengan BI. "Aulia bilang, kalau satu-satu akan susah," kata Rusli.

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024